ABC

Jessica Mauboy Akan Tampil di Eurovision 2014

Jessica Mauboy, penyanyi asal Australia yang memiliki darah campuran Indonesia dan Aborigin diundang untuk menjadi pengisi acara semi final Eurovision. Ia tercatat sebagai musisi solo dari negara bukan Eropa yang pertama yang diundang tampil memeriahkan acara tersebut.

Jessica Mauboy telah dianggap memiliki perpaduan kultur dalam dirinya. Berwarga negara Australia dari kalangan Bumiputera, dengan campuran darah Indonesia dari ayahnya.

Mauboy sering dianggap sebagai duta kebudayaan usai menyabet juara kedua Australian Idol di tahun 2006.

Merupakan sebuah kehormatan baginya untuk mengisi acara semi final Eurovision pada tahun ini. Rencana penampilannya ini pun disambut baik oleh sejumlah media-media di Australia.

"Suatu kebanggaan bagi Australia untuk menampilkan sosok yang berbakat, muda, pintar, dan bukan berkulit putih," tulis salah satu surat kabar terkemuka di Australia, The Guardian Australia.

Jessica Mauboy (Foto: ABC Open, Garry J Ansell)
Jessica Mauboy baru berusia 14 tahun saat ia menjadi bintang baru di blantika musik Australia. Ia pernah menyabet gelar juara di Festival Tamworth dan sejak itu sering beraksi di panggung bersama penyanyi papan atas di Australia.
"Saat saya diatas panggung, saya merasa bebas dan bisa melakukan apapun dengan mic," ujar Mauboy yang mengaku justru menjadi gugup ketika turun dari panggung.

Mauboy yang berasal dari kawasan Wulagi di Darwin, Wilayah Utara Australia memang memiliki darah seni. Ayahnya, Fredi adalah penyanyi gereja saat masih berada di Pulau Timor, Indonesia dan ibunya dibesarkan di Mount Isa, dimana warga Bumiputera menggemari musik beraliran country.
"Jessica sudah mulai bernyanyi sejak ia berusia dua tahun, ia senang menyanyikan lagu Black or White-nya Michael Jackson," aku Theresa Mauboy, ibu kandung Jessica.

Menurut ayahnya, semua anak perempuannya memang sudah menyanyi sejak kecil.
"Tapi ada yang istimewa dengan Jessica, bakatnya semakin terlihat saat ia berusia tujuh tahun," kata Freddy. Mengetahui bakatnya ini, Freddy semakin mendorong Jessica untuk berlatih bernyanyi dengan lebih serius. 
Eurovision sendiri adalah ajang kompetisi bernyanyi yang sangat populer di benua Eropa, dimana tiap-tiap negara mengirimkan perwakilan musisinya untuk bertarung setiap tahunnya. Penyanyi asal Indonesia yang kini telah menjadi warga Perancis, Anggun C Sasmi pernah mewakili Perancis di tahun 2012.