ABC

Jenis Umum Sakit Kepala dan Apa Saja Penyebabnya

Sebagai masalah neurologis yang paling umum dilihat oleh para dokter di seluruh dunia, lebih dari setengah populasi dunia mengalami beberapa bentuk sakit kepala setiap tahunnya.

Penyakit ini adalah salah satu yang paling melumpuhkan di seluruh dunia -membuat penderita sakit kepala yang parah tak bisa beraktivitas selama beberapa hari atau pekan dalam suatu waktu.

Sakit kepala menghasilkan nyeri yang terasa di sekitar kepala, tapi seberapa parah rasa sakit itu tergantung pada jenis sakit kepala yang Anda alami.

Ada lebih dari 100 jenis sakit kepala, namun beberapa di antaranya jauh lebih umum daripada yang lainnya -terutama sakit kepala tipe tegang dan migren.

Tipe tegang

Sakit kepala tipe tegang adalah bentuk paling umum dari sakit kepala -hingga 30 persen dari populasi mengalami satu kali jenis sakit kepala ini setiap tahunnya.

Sakit kepala tipe tegang terasa seperti nyeri yang tak berkesudahan, biasanya dirasakan di kedua sisi kepala. Mereka bisa berlangsung selama satu jam hingga berhari-hari.

Jenis sakit kepala ini mendapat julukan demikian karena dokter pernah berpikir bahwa kondisi ini disebabkan oleh ketegangan otot. Kini, diketahui bahwa ketegangan tak langsung berkontribusi pada sakit kepala tipe tegang, tapi banyak faktor lain bisa berkontribusi. Di antara penyebab utamanya adalah:

• Tidur yang kurang

• Stres

• Cahaya terang

• Postur tubuh yang buruk

• Kelelahan

Meski ada pemicu yang jelas untuk sakit kepala tipe tegang, pakar nyeri di Universitas Deakin, yakni Dr Michael Vagg, mengatakan, mekanisme tepat di belakangnya masih belum diketahui.

"Kami tahu bahwa itu mungkin berkaitan dengan ambang sakit yang menurun [untuk memprovokasi respon nyeri] di daerah yang disebut inti trigeminal, yang merupakan area pengolahan sensorik yang meliputi seluruh kepala dan leher," jelasnya.

Ia menerangkan, "Jika Anda mengalami beberapa hal yang membuat nyeri inti trigeminal pada saat yang bersamaan, maka itu bisa menciptakan persepsi sakit kepala -nyeri yang belum tentu cedera."

Migren

Migrain adalah kondisi paling melumpuhkan ketujuh di seluruh dunia menurut studi ‘Global Burden of Disease’ 2015. Sekitar 1 dari 10 orang akan mengalami migren pada beberapa titik dalam hidup mereka, dan bagi banyak dari mereka, rasa sakitnya akan berulang sepanjang hidup.

Migren biasanya muncul dengan rasa nyeri lebih parah dari sakit kepala tipe tegang dan biasanya memengaruhi satu sisi kepala.

Penderita mungkin mengalami gangguan dalam penglihatan mereka (seperti lampu yang berkedip atau kesulitan fokus) dalam beberapa jam sebelum migren menyerang, sementara mual dan sensitivitas terhadap cahaya adalah gejala umumnya.

Sementara penelitian tentang migrain sedang berlangsung, para dokter percaya kondisi ini terjadi karena aliran darah seseorang ke berbagai bagian otaknya mengalami disfungsional.

Seperti halanya sakit kepala tipe tegang, tak ada penyebab tunggal definitif dari migren, tetapi beberapa pemicu yang potensial termasuk fluktuasi hormon, makanan dan minuman tertentu (seperti anggur dan keju), serta stres.

Ada juga komponen genetik dalam migren.

"Migren cenderung menurun dalam keluarga dan cenderung dimulai pada masa kanak-kanak dan menjadi predisposisi seumur hidup," kata Dr Vagg.

"Mereka tak selalu berlanjut sepanjang hidup Anda, tetapi Anda selalu memiliki kecenderungan untuk mengalaminya jika Anda menemukan pemicu yang tepat," tambahnya.

Akibat penggunaan obat berlebihan

Mereka yang menderita sakit kepala atau migren harian yang kronis seringkali akan menggunakan obat penghilang rasa sakit sebagai pengobatan, tetapi hal ini bisa menyebabkan masalah sendiri.

Jenis lain

• Sakit kepala dehidrasi: kondisi ini berwujud sebagai perasaan sakit kepala umum, mirip dengan sakit kepala tipe tegang. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya cairan atau kehilangan cairan secara berlebihan, seperti yang sering terjadi pada kasus demam atau diare. Rehidrasi seharusnya menyembuhkan sakit kepala jenis ini

• Sakit kepala harian kronis: ini adalah kondisi dengan gejala mirip sakit kepala tipe tegang yang terjadi lebih dari 15 hari dalam sebulan. Pemicu sakit kepala ini adalah stres, kecemasan, dan obat-obatan berlebihan

• Sakit kepala kluster: memengaruhi sekitar satu dari seribu orang, ini adalah jenis sakit kepala yang sangat menyakitkan. Serangan terjadi di "bagian tertentu" selama beberapa minggu atau berbulan-bulan pada satu waktu, sebelum gejala menghilang. Sakit kepala kluster bisa diatasi dengan obat-obatan.

Jika seringkali digunakan, obat penghilang rasa sakit membuat sensitif sistem saraf, menurunkan ambang batas untuk sakit kepala yang terjadi di masa depan. Hal ini terutama terjadi dengan obat penghilang rasa sakit yang mengandung kodein, yang memiliki sifat aditkif.

"Jika Anda menggunakan kodein lebih dari beberapa kali seminggu untuk mengobati sakit kepala, Anda mungkin memiliki sugesti bahwa anda mengalami sakit kepala pada hari-hari ketika Anda mencoba untuk tak mengonsumsi kodeine," kata Dr Vagg.

"Pada kelompok orang yang memiliki sakit kepala harian kronis, yang berwujud sakit kepala selama beberapa waktu dalam sehari, cukup sering setiap harinya, insiden sakit kepala akibat penggunaan obat berlebihan sebenarnya sangat tinggi," jelasnya.

Lembaga ‘NPS MedicineWise’ menyarankan agar penderita menarik diri sepenuhnya dari obat penghilang rasa sakit untuk mengobati sakit kepala obat berlebihan, meskipun ini biasanya memperburuk gejala pada suatu periode. Jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki sakit kepala akibat obat berlebihan, hal yang terbaik adalah menemui dokter spesialis.

Kapan ke dokter

Dr Vagg mengatakan, Anda harus menemui dokter jika Anda khawatir tentang sakit kepala Anda, atau jika Anda mengalami salah satu dari gejala berikut:

• Gejala visual seperti cahaya yang berkedip atau kehilangan penglihatan sementara

• Sakit kepala yang berhubungan dengan mual

• Sakit kepala yang terkait dengan kesulitan menggerakkan leher

• Sakit kepala parah secara tiba-tiba

Senin 17 April 2017 Pukul 13:30 AEST oleh Nurina Savitri. Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.