ABC

Jelajahi Kolam Renang Pinggir Laut Terbaik di Sydney

Tak ada yang lebih nikmat ketimbang berenang di laut ketika matahari mulai bersinar lebih panjang dan suhu udara makin menghangat.

Di samping itu, berada di luar ruang dan bermandikan sinar matahari memberi Anda, dosis Vitamin D yang sehat, dan pasir pantai adalah exfoliator (pengelupas kulit) alami.

Tapi bagaimana jika anda tak percaya diri untuk berenang di laut Karena Anda tak pernah tinggal di dekat perairan? Atau mungkin Anda tak pernah les renang saat masih kanak-kanak. Atau mungkin anda takut terhadap ombak di laut?.

Masih banyak pilihan bagus di Sydney jika Anda ingin berenang di luar ruangan, tanpa khawatir tubuh anda terhempas ombak. Berikut adalah lima kolam terbaik:

Skip Instagram Post

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

A photo posted by CM (@charlottedm_) on

INSTAGRAM: Kolam Renang Sydney

Wylie's Baths

Berjalan singkat di sepanjang pantai Coogee yang terkenal, anda bisa menemukan kolam laut umum tertua di Australia.

Kolam Wylie’s Baths yang bersejarah seperti terlahir dari era yang berbeda. Sebuah dek mahal terlihat di atas air tempat di mana Anda bisa berbaring di bawah sinar matahari, membaca buku, atau bahkan minum kopi dari kios.

Wylies Baths
Di musim dingin, anda bisa menikmati kolam renang Wylie's Baths seorang diri.

ABC: Lisa Clarke

Dan tentu saja, Anda bisa berenang tepat di sebelah laut tanpa harus khawatir terhempas ombak yang mengerikan.

Pemandian ini terletak di pinggiran pantai Coogee, delapan kilometer di tenggara pusat kota Sydney, dan biayanya hanya 5 dolar (atau setara Rp 50 ribu) untuk berenang sehari penuh.

Pembangunan kolam renang ini terjadi berkat tingginya minat terhadap kolam pinggir pantai pada abad ke-20 di Sydney, dan terbuat dari batuan dasar alami yang dikelilingi oleh dinding beton di ujung selatan Teluk Coogee.

Pantai Clovelly

Pantai Clovelly begitu unik mengingat bentuknya yang lebih seperti kolam laut besar ketimbang pantai sebenarnya.

Platform beton dibangun di kedua sisi teluk, di atas batu-batu, yang menjadi tempat populer untuk berjemur dengan alas handuk atau membaca buku tanpa terlalu berlumur pasir di antara jari-jari kaki Anda (jika memang ada).

Pantai yang tenang ini adalah tempat snorkeling yang populer di antara warga lokal dan wisatawan karena airnya yang tenang dan kehidupan lautnya yang beraneka ragam.

Jika Anda benar-benar tak menyukai aktivitas berenang di perairan terbuka, di sini bahkan ada kolam air garam seluas 25 x 6 meter di sisi selatan pantai untuk mereka yang masih ingin berenang.

Wylie's Baths
Dek dengan pemandangan kolam renang Wylie's Baths di Coogee.

ABC: Lisa Clarke

Bondi Icebergs

Kolam renang pinggir laut yang terkenal di Pantai Bondi ini banyak digunakan oleh perenang serius, yang menggunakan tempat ini untuk berlatih renang, tapi Anda masih bisa berbaur di antara orang-orang cantik dan tampan di Sydney dari pinggir kolam renang anak-anak.

Kolam renang ini telah menjadi ikon yang menonjol dari Pantai Bondi selama lebih dari 100 tahun, dan para perenang di klub ini selalu berenang sepanjang tahun tak peduli apa cuacanya.

Skip Instagram Post

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

Dream higher than the sky and deeper than the ocean.

A photo posted by Peter. @ptr_life (@ptr_life) on

INSTAGRAM: Pantai Clovelly

Menjadi anggota setia dari klub ini membutuhkan dedikasi yang nyata:

• Perenang harus ikut kompetisi tiga atau empat kali di hari Minggu selama jangka waktu lima tahun.

• Musim renang di klub ini mulai dari Mei hingga September.

• Jika anggota klub gagal untuk berenang di setidaknya 3 hari Minggu, mereka harus memberikan surat penjelasan tertulis sebelum akhir bulan yang terkait. Pasal ini dikenal sebagai Peraturan Bersejarah 15B.

Untuk mereka yang hanya ingin berenang santai meski biaya masuk 6,50 dolar (atau setara Rp 65 ribu) bukanlah harga yang tinggi, Anda telah berkesempatan untuk berenang di salah satu yang kolam tepi laut terbaik di dunia.

Klub Bondi
Seorang perenang menikmati kolam di Klub Bondi Icebergs, Pantai Bondi, Sydney.

ABC Open Contributor edwardjlim

Kolam Renang Olimpiade di Sydney Utara

Mungkin adil untuk mengatakan bahwa Kolam Renang Olimpiade Sydney Utara memiliki salah satu pemandangan terbaik di Australia.

Terletak di antara Jembatan Sydney Harbour dan Luna Park, kolam renang ini memiliki sejarah panjang dan membanggakan dengan 86 rekor dunia pernah dibukukan oleh para perenang hebat seperti John dan Ilsa Konrads, Lorraine crapper, Frank O'Neill, Judy Joy Davies, John Devitt, Shane Gould dan Michelle Ford.

Biaya masuk sebesar 7,80 dolar (atau setara Rp 78 ribu) mungkin sedikit lebih mahal dari kolam lain di seluruh Sydney, tetapi untuk pemandangan seperti ini, harganya sungguh pantas.

Peringatan: di musim panas, tempat ini bisa sangat padat sehingga Anda mungkin harus berjuang untuk bergerak di sela-sela manusia. Jika anda berkunjung ketika suhu udara mulai dingin, artinya anda bisa menikmati fasilitas pemanas dan memiliki ruang yang lebih lega di kolam tanpa menendang perenang di samping anda.

Pantai Balmoral
Pantai Balmoral adalah pantai dermaga yang indah, yang dikelilingi oleh taman.

Flickr CC: Simon_sees

Pantai Balmoral

Hanya selompatan dari Pantai Manly yang terkenal, Pantai Balmoral jauh lebih tenang dan sepi, terletak di sepanjang garis pantai utara Sydney Harbour.

Dikelilingi oleh rumah-rumah yang cantik, kapal pesiar mahal dan Taman Nasional Sydney Harbour, pantai ini sedikit menjauhi rute wisata.

Ini adalah tempat yang bagus untuk berenang di perairan dekat pelabuhan, dan terletak di samping rumah perahu adalah kolam renang yang tertutup oleh jaring hiu (untuk berjaga-jaga).

Sebuah tempat yang populer untuk keluarga dengan anak-anak, pastikan untuk menikmati menu makan siang ‘fish and chips’ (ikan goreng dan kentang) setelah berenang, dan nikmati pemandangan sekitar.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan: 16:40 WIB 28/12/2016 oleh Nurina Savitri.