ABC

Jatuh Ke Kolam di Bali, Balita Sydney Ini Hembuskan Nafas Terakhir

Seorang anak balita asal Sydney yang diterbangkan ke Perth setelah jatuh ke kolam renang di Bali akhirnya menghembuskan nafas terakhir. Informasi ini disampaikan oleh pihak keluarga.

Kawa Sweeney, 3 tahun, ditarik dari dasar sebuah kolam renang di vila keluarga di Bali, pada hari Minggu (23/7/2017).

Pihak keluarga Kawa diyakini memilih untuk mencabut alat bantu pernafasan bagi sang balita di Rumah Sakit Princess Margaret, Australia Barat, pada Kamis (27/7/2017) siang.

Dalam sebuah pernyataan kepada media, orang tua Kawa mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang berusaha menyelamatkan anak perempuan mereka.

"Sayangnya, terlepas dari semua harapan dan doa, Kawa telah kehilangan nyawanya. Keluarga mengatakan selamat tinggal hari ini," bunyi pernyataan tersebut.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu semua ini dengan sepenuh hati.”

"Terima kasih untuk Grant dan Kelly, semua orang yang membantu kami di Bali, tim medivac (evakuasi medis), para dokter dan perawat yang luar biasa di Rumah Sakit Princess Margaret di ruang PICU, yang telah bersama kami 24 jam non-stop sejak tiba di Perth.”

"Terima kasih untuk semua orang yang telah mendukung kami dengan simpati, doa, cinta dan sumbangan mereka.”

"Kami sangat terharu akan kemurahan hati Anda dan bersyukur atas semua yang telah Anda berikan pada kami dalam masa sulit ini."

Kawa Sweeney menyukai Pantai Newport, menurut sang ayah.
Kawa Sweeney menyukai Pantai Newport, menurut sang ayah.

Instagram: 8footwalls

Menurut laporan, keluarga asal Sydney ini sedang berlibur saat kejadian tersebut terjadi.

Keluarga tersebut kemudian beralih ke media sosial ketika mereka mengetahui bahwa mereka tak dijamin oleh asuransi perjalanan untuk mengevakuasi Kawa kembali ke Australia.

Sebuah laman di situs Gofundme telah mengumpulkan lebih dari $ 87.000 (atau setara Rp 870 juta) pada Kamis (27/7/2017) sore.

Ayah Kawa, seniman Desmond Sweeney, menggunakan media sosial untuk mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah menawarkan dukungan kepada keluarganya. Ia mengunggah foto putrinya di pantai favoritnya di negara bagian New South Wales:

"Begitu banyak cinta untuk gadis kecil kami," tulisnya.

"Ini Kawa di pantai favorit kami di Newport. Tempat istimewanya.”

"Kami terharu akan doa, simpati, dan harapan Anda. Meditasi Anda diterima. Mereka membantu kami melewati masa sulit ini. Terima kasih."

Ini adalah kejadian serupa kedua di Bali dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya, balita Australia yang berusia 18 bulan meregang nyawa setelah jatuh ke kolam renang di daerah Kuta Utara.

Menurut data terbaru, sekitar 99.200 turis Australia mengunjungi Indonesia pada bulan Mei tahun ini.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 20:05 WIB 27/07/2017 oleh Nurina Savitri.