ABC

Jangan Anggap Bodoh Keledai, Karena Dianggap Bisa Menjaga Ternak Sapi

Seorang peternak di Burnett, Queensland Selatan sedang menyelidiki soal penggunaan keledai untuk melindungi ternak dari anjing-anjing liar.

Peternak Claire Kapernick mengatakan bahwa ia mulai mencoba metode baru sejak musim dingin lalu. Saat itu dia kehilangan empat sapinya karena anjing-anjing liar. 

"Saya tidak terlalu suka dengan metode memberikan umpan untuk anjing-anjing liar, karena bisa membunuh hewan lain, karenanya saya mencoba mencari metode lain," jelas Clare.

Fred dan George, dua keledai yang kebagian tugas jaga peternakan dari anjing liar. Foto: Claire Kapernick
Fred dan George, dua keledai yang kebagian tugas jaga peternakan dari anjing liar. Foto: Claire Kapernick
Metode yang dipilihnya adalah menggunakan keledai untuk mengontrol datanganya anjing-anjing liar ke peternakannya.

"Saya pernah mendengar penggunaan keledai untuk mengawasi anjing-anjing liar, karenanya saya mencoba mencari tahu," jelas Clare.

"Tetapi ternyata harganya pun mahal, karena setiap orang tampaknya berpikiran hal yang sama."

Clare mengatakan secara kebetulan ada seorang peternak yang mengenalkannya kepada penjual keledai, sehingga ia mampu membeli dua keledai jantan muda. 

"Waktu pertama kali lihat, sepertinya keledai-keledai tersebut masih sangat muda dan belum pernah ketemu orang, jadi mereka tidak datang ke dekat kita," kata Clare. 

"Sekarang kita bisa membelai kepala mereka dan aku senang melihat mereka mengibaskan telinga mereka, kadang-kadang juga mereka suka menendang tumit mereka ke atas."

Keledai-keledai yang masih berusia lima bulan ini masih dilatih, sebelum secara bertahap akan diterjukan langsung ke peternakan.

"Kita harus memperkenalkan mereka sedikit-sedikit ke kawanan ternak, sehingga mereka sadar bahwa mereka  Anda sehingga mereka tahu bahwa di situlah tempat mereka," ujar Clare.

"Dari semua cerita yang saya dengar, keledai-keledai sangat benci terhadap anjing, sehingga mereka akan menjauhkan anjing-anjing dari sapi..."

Ia mengatakan, salah satu tetangganya juga menggunakan keledai untuk melindungi ternak dari anjing-anjing liar. Meski tidak terlalu diketahui dampak apa yang dihasilkan.

Apa yang dilakukan Clare kali ini adalah sebuah upaya pencegahan.