ABC

James Ricketson Dalam Perjalanan Pulang Ke Australia

Sutradara Australia James Ricketson dalam perjalanan kembali ke Australia setelah pihak berwenang Kamboja mengampuni kasus spionase dan mendeportasinya dari negara kerajaan tersebut.

Kepala penyelidikan imigrasi Kamboja, Uk Hai Sela, mengatakan kepada ABC bahwa ia telah diperintahkan untuk mendeportasi James Ricketson karena alasan "keamanan nasional" pada sekitar tengah malam (pukul 9 malam waktu setempat).

Ricketson sejak itu telah naik pesawat ke Thailand dan sekarang sedang dalam penerbangan pesawat ke Sydney, di mana dia diperkirakan akan mendarat sekitar pukul 8 malam waktu setempat.

Pria berusia 69 tahun yang vokal itu bulan lalu dijatuhi hukuman enam tahun penjara karena mengumpulkan informasi yang dapat membahayakan pertahanan nasional Kamboja.

Tetapi Presiden Senat Say Chhum, atas nama Raja Norodom Sihamoni yang tidak hadir, menandatangani pengampunan untuk membebaskan James Ricketson dari dakwaannya pada hari Jumat (21/9/2018).

James Ricketson
James Ricketson divonis 6 tahun penjara di penjara Kamboja bulan lalu.

AP: Heng Sinith

Meskipun pengampunan kerajaan tersebut secara resmi diberikan atas nama Raja, surat itu hanya pernah dilakukan atas perintah Perdana Menteri Hun Sen.

James Ricketson ditangkap pada Juni tahun lalu setelah ia terlihat menerbangkan drone di atas reli partai oposisi.

Kesehatannya memburuk selama 16 bulan di balik terali besi, dan ia mengalami persidangan panjang yang secara luas dikutuk sebagai lelucon.

Keluarga terharu sambut kepulangannya

Keluarga James Ricketson, yang telah lama berkampanye untuk pembebasannya dan mengajukan petisi yang berhasil mengumpulkan lebih dari 100.000 tanda tangan, sangat terharu atas kabar pembebasannya.

"Ini luar biasa. Kami semua masih terkejut," putranya, Jesse, yang pindah ke Kamboja demi untuk mendukung ayahnya di penjara, kepada ABC.

"Kami sangat senang semuanya berakhir. Ini sangat melegakan - kami harus kembali ke kehidupan kami sekarang. Kasus ini sudah mencuri waktu untuk banyak orang."

"Kami mengirimkan ucapan terima kasih kami yang terbesar kepada Say Chhum dan raja, yang telah menunjukkan belas kasih kepada kami dalam situasi ini dan membuat mimpi buruk ini berakhir."

Dia mengatakan ayahnya seharusnya tidak pernah ditangkap dan proses yang berat itu telah sangat merugikan keluarganya.

"Kami sekarang mengevaluasi kembali apa yang hidup telah lewatkan - itu sudah memberikan kekuatan yang dominan bagi kita - jadi kami memilih untuk berdamai dengan kehidupan kita," kata Jesse.

James ricketson
Sutradara film Australia, James Ricketson ditangkap usai kedapatan menerbangkan drone ditengah unjuk rasa anti pemerintah.

Reuters

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.