ABC

Jalur Tram Baru di Melbourne Lewati Kampus Monash di Clayton

Di Australia kampus Monash University di Clayton Melbourne akan dilewati oleh jalur tram untuk pertama kalinya dalam rencana pembuatan jalur tram yang diumumkan oleh pemerintah negara bagian Victoria.

Kampus Monash dan pusat perbelanjaan terbesar Chadstone akan dilalui oleh tram yang secara keseluruhan menghubungkan antara stasiun kereta Caulfield ke Rowville yang melewati Waverley Park.

Pemerintah Victoria sudah menyediakan dana $ 3 juta (sekitar Rp 30 miliar) dalam anggaran negara bagian tersebut bulan depan guna mendesain dan beekrja guna mengkaji rincian jalur tram berupa tempat pemberhentian, tempat parkir, dan juga manfaat pengurangan waktu perjalanan.

Selain itu pemerintaha di bawah pimpinan Menteri Utama Daniel Andrews juga berjanji untuk membangun 2000 tempat parkir di beberapa stasiun kereta di Melbourne dan memperbaiki beberapa yang lain, dengan dana keseluruhan $ 60 juta (sekitar Rp 600 miliar).

Pembangunan jalur tram yang baru tersebut akan dimulai di dekat Stasiun Caulfield yang sekarang ini menjadi tempat persimpangan tiga jalur kerete yaitu ke Franskton, Cranbourne, dan Pakenham.

Dari Caulfield, tram ini akan melalui Dandenong Road, kemudian ke Princes Highway, dengan tempat pemberhentian di Chadstone, pusat perbelanjaan terbesar di Australia.

Setelah itu, tram akan menelusuri Princes Highway ke arah Wellington Road untuk melewati kampus Monash di Clayton, di dekat perempatan dengan Blackburn Road.

Dalam pernyataannya pemerintah negara bagian Victoria mengatakan rute ini akan sejalan dengan hub industri di Clayton yang berisi Rumah Sakit Monash dan Rumah Sakit Jantung Victoria yang akan dibangun di kawasan tersebut.

Tahap kedua dari pembangunan jalur tram ini akan terus ke arah Stud Road di Rowville lewat Waverley Park.

Menurut pemerintah, perancanaan awal menunjukkan bahwa rute ini akan bisa membawa penumpang 3 ribu orang selama jam sibuk, menggunakan tram jenis E-Class yang berjalan setiap empat menit.

Menteri Utama Victoria Daniel Andrews mengatakan rencana rute tram terbaru ini merupakan 'jalur transport yang selama ini tidak tersedia di suburb di kawasan Timur Laut' dan setiap tram 'akan mengalihkan ratusan mobil dari jalan raya."

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini