ABC

Jalanan Raih Penghargaan Pilihan Penonton di Melbourne

Film dokumenter JALANAN, yang berkisah tentang tiga pengamen Jakarta, berhasil memenangkan penghargaan pilihan penonton (People's Choice Awards) dalam Festival Film Internasional Melbourne (MIFF) tahun 2014.

Film karya Daniel Ziv tersebut sebelumnya telah memenangkan penghargaan Best Documentary di festival film Busan, di Korea Selatan.

"Pemenang untuk kategori film dokumenter adalah potret penuh harapan tentang kehidupan di sisi terpinggirkan perkotaan Indonesia, Jalanan," bunyi pernyataan dari MIFF.

JALANAN mengalahkan sejumlah film dokumenter lain, antara lain 'Keep on Keepin' on' dari Amerika Serikat, 'German Concentration Camps Factual Survey' dari Inggris Raya, dan 'Dior and I' dari Perancis.

Sesuai namanya, People's Choice Awards ditetapkan berdasarkan pemungutan suara penonton selama MIFF berlangsung.

Tahun ini MIFF diadakan dari tanggal 31 Juli hingga 17 Agustus 2014, dan terdapat ratusan film yang diputar dalam acara tersebut.

JALANAN_3

Tiga Pengamen Jakarta dalam JALANAN: Boni, Titi dan Ho (Foto: Situs resmi JALANAN)

"Kami sangat gembira JALANAN menduduki peringkat pertama untuk kategori dokumenter," bunyi pernyataan di laman Facebook JALANAN.

"Kami sangat berterima kasih kepada penonton yang menakjubkan di MIFF, yang memadati pemutaran dan menanggapi cerita JALANAN dengan begitu kuat."

Saat pemutaran film, memang tiket terjual habis, dan penonton sampai mengantri berharap ada yang membatalkan pesanan tiketnya.

"Kami merasa amat bangga karena JALANAN berhasil menduduki posisi yang setara dengan pemenang kategori dokumenter MIFF yang lalu: ''Searching for Sugar Man', 'The Crash Reel'  dan 'Senna'," bunyi pernyataan tersebut.

Pernyataan itu juga menyebutkan Titi, salah seorang pengamen yang kisahnya ditampilkan dalam film JALANAN.

Dalam perjalanan pertamanya ke luar negeri, Ia ikut bersama sutradara Daniel Ziv dan penulis sekaligus editor Ernest Hariyanto ke Melbourne untuk menghadiri pemutaran film tersebut.

"Kami sangat bangga terutama kepada Titi, yang kehadirannya di pemutaran kami pasti membuat pengalaman yang sangat istimewa untuk pemirsa Melbourne."

Setelah dari Melbourne, JALANAN akan terus melanglang ke manca negara. Bulan September ini, Jalanan akan menjadi  Film Penutupan dalam acara HAM terkemuka di Malaysia, FreedomFilmFest 2014 - SELANGOR, 06-13 September di Petaling Jaya (KL), lalu melakukan perjalanan ke Kota Kinabalu & Georgetown, Penang.

Tiga musisi JALANAN, Boni, Ho & Titi, akan melakukan perjalanan ke Malaysia dan tampil di atas panggung dengan musisi lokal setelah pemutaran JALANAN pada tanggal 13 September. Ini akan menjadi petualangan pertama Boni ke luar negeri.

Selain itu,  Jalanan akan diputar pertama kalinya di Amerika Utara akan diadakan di Vancouver International Film Festival (VIFF) ke-32, 25 September - 10 Oktober, 2014. JALANAN terpilih sebagai bagian dari 32 film-film peraih berbagai penghargaan dari seluruh dunia. Vancouver International Film Festival adalah salah satu momen perfilman yang terhormat di Amerika Utara.