ABC

Jagawana Australia Tak Sekadar Merawat Binatang

Betapa bahagianya menjadi jagawana alam di Australia, seharian hanya bermain dengan satwa lucu seperti koala. Benarkah begitu? Ternyata tugas mereka jauh lebih banyak, termasuk mengurus manusia juga!

Menurut Jo Peterson, seorang jagawana di pulau Magnetic Island, Queensland, Australia, pekerjaannya lebih banyak menangani hubungan antara manusia dan alam.

"Saya selalu berkata bahwa kita lebih banyak mengurus manusia dibanding alam," ucap Jo.

Jo menjaga pulau Magnetic, pulau Orpheus, kawasan taman laut Great Barrier Reef di dekat kota Townsville, bersama timnya, yang terdiri atas tujuh jagawana.

Tugas mereka antara lain merawat infrastruktur taman nasional, mencegah kebakaran, melestarikan sumber daya alam, dan mengawasi kegiatan manusia di kawasan-kawasan itu.

Park Ranger Jo

Jo Peterson ( - Pemerintah Queensland )

Dua pertiga bagian pulau Magnetic Island memang taman nasional, tapi pulau ini juga memiliki kawasan hunian dan merupakan kawasan wisata. Ini tentu menambah tugas Jo dan rekan-rekannya.

"Di manapun ada hunian yang dekat taman nasional, harus kita cermati soal rumput liar, infrastruktur, api," jelas Jo.

Selain itu, ada 20 kilometer jalur dan papan pengumuman di pulau Magnetic Island yang harus mereka rawat.

"Itu semua infrastruktur yang kita sediakan agar pengunjung bisa menjelajahi taman nasional," ucap Jo.

Sesuai dengan peraturan pelestarian alam Queensland, para jagawana juga bertugas menangani spesies yang terancam punah. Jadi, memang ada tugas yang berhubungan dengan koala di Magnetic Island. Tapi tak lantas berarti bermain-main dan memeluk satwa itu.

"Untuk menjadi jagawana, anda harus punya banyak keahlian," tutur Jo.