ABC

Jacqui Lambie: Selain Penerima Tunjangan, Politisi Australia Juga Perlu Uji Narkoba

Pemerintah Australia akan memberlakukan uji narkoba terhadap 5 ribu warga penerima tunjangan sosial, dan Senator asal Tasmania Jacqui Lambie mengatakan bahwa para politisi juga harus menjalani uji serupa.

Dalam pidato mengenai RAPBN Australia 2017, Bendahara Utama Austrealoia Scott Morrison hari Selasa (9/5/2017) mengumumkan bahwa sekitar 5,000 penerima tunjangan sosial yang baru harus menjalani uji narkoba dengan mereka yang terbukti positif harus mengikuti pelatihan bagaimana mengelola keuangan, dimana kantor tunjangan sosial (Centrelink) akan bisa menenentukan bagaimana penerima tunjangan sosial tersebut menggunakan uang yang mereka dapatkan.

Dan mereka juga harus mengikuti rujukan untuk perawatan atas masalah penggunaan narkoba tersebut.

Lambie, yang sebelumnya pernah secara terbuka berbicara mengenai masalah yang dihadapi keluarganya berkenaan dengan narkoba dan sebelumnya menyerukan adanya penanganan kesehatan resmi bagi pengguna shabu--shabu , mengatakan anggota parlemen harus menjadi contoh.

"Ini tidak akan merugikan para politisi. Mereka dibayar oleh pembayar pajak, sama juga seperti para penerima tunjangan sosial, dan saya kira mereka bisa menunjukkan kepemimpinan mereka, mengenai bagaimana seharusnya dilakukan." kata Lambie lagi.

Tasmanian senator Jacqui Lambie speaks to the media outside of Parliament
Senator Jacqui Lambie pernah berbicara masalah narkoba yang dialami oleh keluarganya.

ABC News

Rencana uji narkoba bagi para penerima tunjangan sosial ini juga disambut baik oleh anggota parlemen dari negara bagian New South Wales Kevin Hogan, yang mengatakan hal yang sama sudah dilakukan di berbagai tempat kerja.

"Ini adalah kewajiban bersama. Kami ingin memberikan tunjangan sosial, kami ingin membantu anda mencari pekerjaan, kami ingin anda mendapat pekerjaan." tambah Hogan.

Menurut Senator Lambie, uji narkoba terhadap para penerima tunjangan sosial ini tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya rencana perawatan kesehatan buat mereka.

"Sepanjang mereka memiliki rencana bagaimana mereka ini menerima perawatan kesehatan untuk membuat mereka bisa mandiri, rasanya tidak tidak gunanya melakukan uji narkoba, bila tidak." kata Lambie.

Diterjemahkan pukul 12:50 AEST 10/5/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini