ABC

Jacob Hunt, Remaja 16 Tahun Jawara Trampolin Akrobatik Australia

Seorang siswa 16 tahun asal Brisbane menentang gravitasi di saat Kejuaraan Trampolin Akrobatik Australia digelar dan berharap agar suatu hari nanti ia bergabung dengan kelompok sirkus.

Jacob Hunt mulai ikut kompetisi, atraksi tubuh yang menggabungkan trampolin dengan senam, ini tiga tahun lalu.

"Anda harus membayangkan bahwa Anda mendorong trampolin ke arah dinding dan Anda mencoba untuk membalikkan badan. Atraksi dinding ini dasarnya begitu, kecuali Anda membalik punggung dan menaiki dinding secara vertical," tuturnya.

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

YOUTUBE: Aksi Si Penentang Gravitasi, Jacob Hunt

Trampolinis berbakat ini mengatakan, olahraga itu telah mengajarinya bagaimana menjadi pribadi yang lebih terkontrol.

"Ini semua tentang kecepatan -jika Anda tak mendapatkan kecepatan yang cukup, Anda tak akan mendarat di punggung dan Anda bisa melukai diri sendiri,” jelas Jacob.

"Saya sudah banyak latihan dan saya tahu kapan untuk berputar dan mendarat dengan benar," tambahnya.

Jacob mengatakan, keterampilan yang paling sulit untuk dikuasai dalam olahraga ini adalah jumlah aksi putar balik yang dilakukan berturut-turut.

"Melakukan putaran ke depan tiga kali dari dinding itu sulit,” aku Jacob Hunt.

"Dalam trampolin dasar, Anda harus melakukan 10 trik atau keterampilan berturut-turut. Dari sana Anda lakukan putaran ke depan dan ke belakang, tetapi dengan berlari di dinding, itu semua tentang pendaratan," terangnya.

Selain olahraga trampoline akrobatik, Jacob baru-baru ini membuat tim trampolin Australia yang akan bersaing di Kejuaraan Indo-Pasifik di Selandia Baru, bulan depan.

Jacob Hunt
Aksi Jacob Hunt, si penentang gravitasi, di trampolin berdinding.

Instagram; 612abcbrisbane

Ia berharap, penggalangan dana online atau ‘crowdfunding’ akan membantunya mengumpulkan cukup uang untuk hadir dalam kejuaraan tersebut.

"Saya akan menggunakan trampoline mini ganda dan saya akan mencoba untuk melakukan dua trik saat melakukan putaran mundur. Pada dasarnya, itu adalah putara ke depan 3x dengan setengah putaran mendarat dan mencoba untuk melakukan putaran mundur 3x ... itu tak mudah," kata Jacob.

Jadi akankah kita melihatnya tampil di Olimpiade suatu hari nanti?.

"Masuk ke Olimpiade itu sulit. Saya harus merapikan penampilan jika saya akan beratraksi trampolin di Olimpiade Tokyo. Apa yang benar-benar saya harap untuk lakukan suatu hari nanti adalah bermain dengan kelompok Cirque Du Soleil,” ungkap Jacob Hunt.

"Ibu saya oke-oke saja tentang hal itu, ia menyukainya," sambungnya.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan: 19:03 WIB 06/09/2016 oleh Nurina Savitri.