ABC

Izin Berjualan Rokok di Tasmania Semakin Mahal

Rencana Pemerintah Tasmania menaikan biaya izin menjual rokok hingga tiga kali lipat dipandang sebagai kompromi yang masuk akal oleh kelompok industri retail.

Sabtu kemarin (30/7), Pemerintah Tasmania menjelaskan rincian dari Agenda Tasmania Sehat senilai $6,4 juta, yang termasuk didalamnya meningkatkan biaya izin hingga $731 tahun depat dan sekitar $1100 pada Januari 2018.

Direktur Eksekutif Retail Australia, Russell Zimmerman, mengatakan para pelaku usaha retail di Australia harus merespon positif peningkatan biaya tersebut.

"Kami ingin melihat orang-orang hidup sehat, memiliki gaya hidup yang baik dan kami tidak mendorong hal-hal yang akan menghalangi pencapaian kondisi itu," katanya.

"Karena itu kami juga akan mengatakan bahwa kenaikan tiga kali lipat biaya lisensi izin menjual rokok itu memang akan sangat memberatkan para pengecer independen berskala kecil."

Tapi Zimmerman mengatakan peningkatan biaya lisensi ini adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan rencana awal pemerintah untuk meningkatkan usia minimal dibolehkan merokok.

"Dengan semua industri pariwisata yang terjadi di Tasmania kami pikir kebijakan itu akan sangat sulit untuk ditangani polisi," katanya.

"Ini mungkin kompromi yang masuk akal."katanya.

Pekan lalu, Pemerintah Negara Bagian Tasmania mengatakan akan menunda rencana kontroversial untuk meningkatkan ketentuan hukum usia minimum warga dibolehkan merokok dari 18 tahun menjadi 25 tahun, dengan alasan setelah melakukan konsultasi jelas itu bukan tindakan yang tepat.

Sementara itu, juru bicara Partai Hijau, Rosalie Woodruff, mengkiritik rencana kebijakan Tasmania Sehat senilai $6,4 juta dan menyebut anggaran itu sebagai lelucon.

"Rencana tersebut bukan investasi yang serius, rencana kuat yang Menteri ungkapkan selama lebih dari satu tahun," katanya.

"Kita sudah mengalami lonjakan tingkat penyakit kronis di Tasmania dan strategi kesehatan pencegahan yang disusun Pemerintah hanya mencakup jumlah uang yang tidak seberapa untuk menangani kondisi yang tengah menghadang didepan kita,"

Menteri Pendidikan Jeremy Rockliff mengatakan pemerintah sudah menghabiskan $70 juta pada program pencegahan kesehatan diluar anggaran $6,4 juta yang ditetapkan.

Dia mengatakan $2 juta dari rencana Tasmania Sehat itu akan digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan para pelajar, termasuk memperbaharui program pendidikan narkoba.

"Bersamaan dengan investasi pendidikan sumber daya memainkan peran kunci menyangkut perubahan budaya dan antar generasi," katanya.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini, Diterjemahkan pada pukul 19:30 Wib, 31/07/2016 oleh Iffah Nur Arifah.