ABC

Isu Kewarganegaraan Ganda Terus Menerpa Pejabat Australia

Isu kewarganegaraan ganda sejumlah pejabat Australia kini menerpa Menteri Energi Josh Frydenberg.

Menteri Frydenberg berada dalam kemungkinan bahwa dia merupakan warga negara ganda di negara tempat ibunya mengalami penyiksaan sebagai seorang Yahudi.

Ibu Menteri Frydenberg, Erika Strausz, lahir di Hungaria dan selamat dari peristiwa Holocaust. Dia tiba di Australia saat masih kecil melalui sebuah kamp pengungsi pada tahun 1950.

Hungaria hingga kini memiliki peraturan yang memberi kewarganegaraan secara turun-temurun. Hal ini menimbulkan potensi masalah bagi Menteri Frydenberg. Terkait hal ini, dia telah melibatkan seorang penyidik di Budapest dan mengajukan pertanyaan ke Kedutaan Besar Hungaria di Australia.

Frydenberg telah menunjukkan dokumen keimigrasian dari tahun 1950 yang menggambarkan ibunya sebagai seorang yang "tanpa kewarganegaraan".

Kepada ABC, Menteri Frydenbers mengatakan ibunya bukan warga negara Hungaria.

"Sangat tidak masuk akal jika mengingat bahwa saya tanpa sadar dapat memperoleh kewarganegaraan Hungaria menurut peraturan negara yang membuat ibuku tidak memiliki kewarganegaraan," katanya.

"Kewarganegaraan saya jelas. Saya orang Australia dan Australia saja," katanya.

"Saya lahir di Australia dari dua orangtua warga negara Australia," tambahnya.

Menteri Frydenberg menambahkan jika pun ibunya seorang warga negara Hungaria, maka dia tetap tidak termasuk warga negara ganda.

"Saya tidak pernah berusaha menjadi warga negara lain dan tidak ada yang pernah melakukan hal itu atas nama saya," katanya.

Isu bahwa Frydenberg kemungkinan memiliki masalah kewarganegaraan ganda pertama kali diterbitkan di suratkabar The Australian.

"Situasinya sangat menyedihkan karena tuduhan semacam ini berseliweran dengan penyataan tidak masuk akal bahwa orang bisa menjadi warga negara lain karena orangtua mereka yang datang ke Australia sebagai orang tanpa kewarganegaraan," katanya lagi.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.