ABC

Israel Lakukan Serangan Terhadap Posisi Iran di Suriah

Militer Israel mengatakan telah melakukan serangan udara terhadap sasaran Iran di dalam Suriah dan memperingatkan kepada pasukan Suriah untuk tidak menyerang pasukan ataupun wilayah Israel.

Media pemerintah Suriah mengutip sumber militer Suriah yang mengatakan Israel meluncurkan 'serangan intensif lewat gelombang rudal" namun pertahanan udara Suriah berhasil menangkal sebagian besar 'sasaran permusuhan tersebut'.

Para saksi mata di Damaskus mengatakan ledakan keras terdengar di langit kota tersebut semalam selama hampir satu jam.

"Kami telah memulai menyerang sasaran Pasukan Quds milik Iran di wilayah Suriah." kata militer Israel dalam sebuah pernyataan.

"Kami memperingatkan Angkatan Udara Suriah untuk mencoba menyerang pasukan dan wilayah Israel."

Pasukan Quds adalah yang bertanggung jawab dalam operasi Pasukan Pengawal Revolusi Iran di luar negeri.

Serangan ini terjadi setelah adanya serangan lintas perbatasan hari Minggu dimana Suriah mengatakan berhasil mengatasi serangan udara Israel.

Israel mengatakan berhasil mematahkan serangan roket yang ditembakkan ke Dataran Tinggi Golan.

"Kami memiliki kebijakan permanen untuk menyerang posisi Iran di Suriah dan menyerang siapa saja yang berusaha menyerang kami." kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Netanyahu minggu lalu mengakui adanya serangan Israel ke apa yang disebutnya lokasi gudang senjata Iran di Suriah, dimana Teheran membantu Damaskus dengan dukungan vital.

Dia mengatakan kepada kabinet bahwa Israel telah melakukan 'ratusan' serangan selama tahun-tahun terakhir perang Suriah guna menghancurkan Iran dan sekutunya, gerakan Hezbollah di Lebanon.

Biasanya Israel tidak memberi keterangan mengenai serangan terhadap sasaran Iran di perbatasan, Israel mulai memberikan keterangan bulan ini.

Reuters