ABC

Inilah Pantai Paling Tercemar di Pesisir Tengah Australia

Beberapa lokasi paling terkenal untuk berenang di Pesisir Tengah New South Wales masuk dalam daftar pantai paling tercemar, termasuk diantaranya Pantai Terrigal.

Laporan kondisi pantai di NSW yang dipublikasikan oleh Kementerian Lingkungan setempat menunjukan kualitas perairan yang cukup beragam tingkatannya di sejumlah pantai di Wyong dan Gosford.
 
Di Kota Gosford, ternyata hanya 9 dari 22 lokasi renang yang diawasi masuk dalam kategori ‘baik’ atau ‘sangat baik’ kualitas airnya. Ini termasuk pantai Forresters, Wamberal, North Avoca, Avoca, Copacabana dan Killcare.
 
Sementara pantai Terrigal dan pantai-pantai laut bahkan masuk dalam kategori ‘buruk’ dan hanya layak untuk direnangi ketika musim kering saja.
 
Laporan ini merekomendasikan agar warga tidak berenang dahulu di Pantai  Terrigal selama satu hari setelah hujan karena sering klali pantai itu tercemar oleh LagunaTerrigal yang ditutup untuk umum.
 
Laguna Terrigal dinyatakan sebagai kawasan yang sangat tercemar di pesisir tengah NSW,  kawasan itu terlarang untuk direnangi oleh warga kapan saja.
 
Pantai lain yang terpencil di kota tersebut termasuk pantai Pretty Beach baths, Davistown dan Woy Woy baths juga masuk dalam peringkat ‘buruk’ kondisi perairannya.

Meski demikian, laporan ini menyebutkan kualitas air di  sejumlah lokasi renang di Gosford dinyatakan membaik, dan secara keseluruhan peringkatnya naik 9% dibandingkan angka pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, sebagian besar lokasi renang di Desa Wyong dinyatakan memiliki kualitas air sangat baik.
 
Laporan ini menunjukan ada 18 dari 22 lokasi renang yang masuk kategori "baik (good)" atau "sangat baik ".