ABC

Inilah Musisi Australia Populer di Kancah Musik Internasional

Dari musik klasik hingga K-pop, Australia bisa dikatakan berhasil ketika menyangkut urusan musik. Tanya saja musisi Australia yang sukses besar di luar negeri -dan seringkali lebih dikenal di dunia internasional daripada di kampung halaman mereka sendiri.

Lisa Moore: Pianis

Ketika majalah ‘The New Yorker’ menjuluki Anda "ratu piano mutakhir" dan seorang "visioner", Anda pastinya melakukan sesuatu yang benar.

Lahir di Canberra, Lisa Moore kini tinggal di New York dan keliling dunia untuk memainkan beberapa komposisi piano paling rumit, rinci dan menantang yang pernah dibuat.

Ia telah tampil dengan kelompok New York City Ballet, Steve Reich Ensemble dan Chamber Music Society of Lincoln Centre; dan menghiasi panggung di La Scala, Sydney Opera House, Carnegie Hall dan Royal Albert Hall.

Selain pertunjukan live, Lisa telah merilis sembilan CD solo dan tampil dalam lebih dari 30 rekaman kolaboratif untuk label seperti Sony dan BMG.

Meskipun tak lagi tinggal di Australia, ia sempat kembali pada tahun 2008 untuk mengurasi Festival Musik Internasional Canberra.

Lisa Moore
Pianis Australia, Lisa Moore, di atas panggung.

Supplied: LisaMoore.org

Duo Nervo: DJ dan produser

Duo bersaudara Liv dan Mim Nervo telah menulis dan memproduksi sejumlah hits untuk bintang pop seperti Kylie Minogue, Ke$ha, The Pussycat Dolls dan mereka bahkan memenangkan Grammy Award untuk menulis lagu When Loves Takes Over yang dinyanyikan David Guetta dan Kelly Rowland.

Ketika mereka tak sedang menulis lagu di belakang layar, duo asal Melbourne ini juga tampil sebagai DJ di seluruh dunia dan telah bermain di festival besar seperti Tomorrowland, Festival Musik Amsterdam dan Creamfields.

Mereka bahkan punya tempat manggung tetap sebagai DJ di Las Vegas dan Ibiza, dan dimasukkan dalam daftar 100 DJ terbaik dunia oleh majalah ‘DJ Magazine’.

Memiliki nama asli Miriam dan Olivia, duo bersaudara Nervo sangat menikmati profesi ganda mereka, membuat musik untuk artis dan bermain musik untuk pecinta pesta.

Dan mereka tertarik pada lebih dari sekedar berpesta –duo ini juga telah berkolaborasi dengan Universitas New South Wales untuk mendorong lebih banyak perempuan belajar teknik.

duo Nervo
Duo DJ Nervo asal Australia di Festival 'Electric Love', Austria.

Arne Mueseler, Wiki Creative Commons

Thanh Bui: penyanyi, penulis lagu dan produser

Banyak orang mengingat Thanh dari penampilannya di Australian Idol, tapi ia sudah malang melintang di bisnis musik sejak bergabung dengan boy band ‘North’ yang memiliki sejumlah single hits di Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina dan India.

Sejak meninggalkan Idol, Thanh begitu sibuk, menjadi wakil Asia untuk PBB, berkolaborasi dengan Band K-pop ‘BTS’, membuka sekolah musik di Ho Chi Minh City, Vietnam, dan juga menjadi juri di Vietnam Idol.

Bangga dengan warisan Australia yang dimilikinya, Thanh menjadi bintang tamu special di acara ‘Hari Australia’ di Opera House Hanoi pada tahun 2011.

Thanh Bui
Thanh Bui di Vietnam.

Supplied

Peter Hyun: penyanyi, penulis lagu dan produser

Besar di Sydney, Peter Hyun telah menyanyi dan menari sejak usia muda, memenangi kompetisi tari dan bahkan tampil di musikal The Lion King.

Tapi bahkan Simba tak bisa menahan Peter dari gemerlap musik K-pop, sehingga pada tahun 2008 ia memulai debutnya sebagai Peter, penampil solo, sebelum bergabung dengan musisi Chance dan Young Sky dalam trio One Way.

Sejak sukses bersama grup One Way, Peter juga telah memperluas karirnya ke penulisan lagu untuk artis K-pop lainnya dan memproduksi mereka di bawah label Team One Sound.

Lagu mereka untuk kelompok ‘Super Junior D & E’ di tahun 2011, yakni Oppa Oppa menjadi hit di Korea dan Jepang.

Peter Hyun
Peter Hyun dari grup One Way di studio.

Supplied: One Way Sound

Tommy Emmanuel: gitaris

Gitaris Tommy Emmanuel lahir di kota kecil Muswellbrook, di luar Sydney, tapi kini ia diminati sebagai penampil dan guru di seluruh dunia.

Tak asing dengan kehidupan seorang musisi profesional, Tommy telah melakukan tur sejak usia enam tahun ketika ayahnya memulai sebuah band keluarga dengan kakaknya Phil, dan keliling dari tempat ke tempat.

Selain mendapat pengakuan atas bakatnya dari gitaris terkenal lainnya seperti Chet Atkins, peraih nominasi Grammy Award dua kali ini juga mendapat penghargaan Order of Australia (AM).

Tommy melakukan sekitar 300 konser dalam setahun, secara rutin mengadakan tur Amerika Utara, Eropa dan Asia. Sementara di sisi lain, musisi yang tengah merintis –yang berharap untuk mendapatkan beberapa tips dari salah satu pemain gitar terbaik ini –rela bepergian antar negara untuk menghadiri kamp gitar Tommy, baik di Amerika Serikat maupun di Australia.

Jika itu semua belum cukup, musik garapan Tommy juga ditampilkan di kartun populer ‘American Dad’, ketika karakter alien bernama Roger memainkan lagu ‘Classical Gas’ versi Tommy Emmanuel dalam kompetisi gitar.

Tommy Emmanuel
Tommy Emmanuel memainkan gitar Maton buatan Australia-nya.

Supplied: Maton Guitars

ABC merayakan musik Australia dalam segala bentuk selama bulan November 2016. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ‘bulan musik Australia’ #ausmusicmonth buka tautan: http://www.abc.net.au/ourfocus/

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.