ABC

Inilah Hak Anda Sebagai Mahasiswa Pekerja di Australia

Program ABC Story Hunters dalam laporan terbarunya mengungkap banyaknya mahasiswa internasional yang sedang menempuh pendidikan di Australia dieksploatasi oleh tempat mereka bekerja, dengan mendapat bayaran rendah.

Gaji yang rendah tidak hanya terbatas pada perusahaan multinasional - para pelajar yang bekerja di sektor perhotelan, perdagangan, kebersihan bercerita kepada Story Hunters kalau kondisi itu merupakan bagian dari kehidupan yang biasa di Australia.

Sebagian dari mahasiswa ini mengatakan menerima upah rendah karena terpaksa, sebagian lagi tidak mengetahui hak-hak mereka untuk mendapatkan upah yang layak seperti pekerja lainya.

Jadi apa sebenarnya hak anda sebagai pekerja bila anda berada di Australia sebagai mahasiswa? Dan kemana anda harus melapor bila mendapat perlakuan tidak adil.

Sekarang ini terdapat sekitar 500 ribu pelajar/mahasiswa internasional yang sedang menempuh pendidikan di Australia, dan sekitar 100 ribu diantaranya bekerja sambil kuliah.

Kebanyakan para pelajar dan mahasiswa tersebut bekerja di bidang layanan jasa restoran, kebersihan, penjaga toko dan supermarket.

Menurut Fair Work Ombudsman, sebuah lembaga yang mengurusi adanya masalah dalam soal pekerjaan di Australia, mahasiswa yang bekerja memiliki hak sama seperti pekerja lainnya di Australia.

Jumlah Kerja yang Diperbolehkan

Mereka yang memegang visa pelajar internasional memiliki hak untuk bekerja selama 40 per minggu. Yang dimaksudkan dengan dua minggu atau 14 hari adalah masa antara hari Senin sampai hari Minggu di minggu kedua.

Sebagai contoh seorang mahasiswa bekerja seperti berikut:

  • Minggu 1: 10 jam
  • Minggu 2: 30 jam
  • Minggu 3: 20 jam
  • Minggu 4: 20 jam

    Selama masa di minggu kedua dan ketiga, sang mahasiswa bekerja selama lebih dari 40 jam, dan itu berarti melanggar aturan yang ditetapkan dalam visanya.

Apa yang harus dilakukan bila kontrak kerja di tempat anda tidak dipenuhi oleh majikan

Bila anda merasa bahwa majikan tempat anda bekerja tidak memberikan bayaran yang benar, atau anda merasa bahwa hak anda sebagai pekerja tidak dipenuhi , anda bisa mengajukan keberatan kepada lembaga bernama Fair Work Ombudsman. Fair Work Ombudsman memberikan layanan gratis kepada semua pekerja di Australia.

Berapa upah minimum di Australia

Bila anda dewasa, yaitu mereka yang berusia di atas 21 tahun, gaji dasar adalah $ 17,70 perjam, sedangkan untuk casual adalah $ 22,12 perjam.

Bila di bawah usia 21, bayaran akan tergantung pada usia

Untuk 18 tahun ke bawah, upah dasar adalah $ 12,09, dan casual $ 15,11, sedangkan untuk 18-19 tahun upah dasar $ 14,60, sementara untuk 19-20 tahun upah dasar adalah $ 17,19 , dan casual $ 21,61.

Jumlah pelajar/internasional di Australia

Saat ini menurut statistik sampai bulan Mei 2016 ada 500.189 pelajar/mahasiswa internasional yang sedang menuntut ilmu di Australia. Yang paling banyak adalah berasal dari China yaitu sebanyak 141.507, disusul dengan India sebanyak 56.009. Pelajar dari Vietnam berada di tempat ketiga (21.752 orang), Korea Selatan sebanyak 21.248 orang dan Malaysia sebanyak 21.057 orang.

Kontribusi pelajar/mahasiswa terhadap perekonomian Australia adalah sebanyak $ 19,7 miliar.