ABC

Industri Farmasi Menghabiskan Banyak Dana Untuk Pemasaran

Perawat, ahli gizi, apoteker dan petugas kesehatan lainnya di Australia mendapatkan jutaan dolar dari perusahaan farmasi besar untuk layanan mereka.

Data-data terbaru menunjukkan bahwa perusahaan farmasi menghabiskan lebih dari $ 2 juta (Rp 21 miliar) untuk biaya konsultan, acara pendidikan seperti konferensi luar negeri dan peran sebagai pembicara tamu bagi para profesional kesehatan yang menjadi sekutu mereka di Australia dari tahun 2016-2017.

Informasi dari sebuah database baru, yang disusun oleh University of Sydney, menunjukkan perawat menjadi pemenang terbesar.

Perusahaan farmasi memberi dana lebih dari $ 1,7 juta  (Rp 17 miliar) dari 1.635 pembayaran terpisah kepada perawat dan perawat praktisi selama periode satu tahun.

Analisis oleh ABC menunjukkan bahwa industri farmasi juga menghabiskan hampir $ 500.000  (Rp 5,2 miliar) lebih dari 400 pembayaran untuk ahli gizi, apoteker, psikolog, fisioterapis dan ahli podiatri.

Bahkan spesialisasi yang lebih kecil seperti ahli embriologi, ahli fisiologi olahraga, dokter mata dan pekerja sosial juga menerima uang.

Beberapa orang berpenghasilan tertinggi termasuk seorang praktisi perawat ada yang menerima $ 17.662 (Rp 168 juta) untuk pergi ke "sebuah pertemuan independen di luar negeri", seorang perawat yang dibayar $ 11.408 (Rp 120 juta) untuk perjalanan serupa ke luar negeri, seorang apoteker di Victoria ada yang menerima $ 7.687 (Rp 80 juta) untuk "layanan konsultasi" dan seorang psikolog NSW yang dibayar $ 5.250 (Rp 55 juta) karena berada di "dewan penasihat atau rapat komite".

Meskipun telah lama diketahui bahwa dokter dan spesialis mengambil uang dari perusahaan, ini adalah pertama kalinya para profesional kesehatan yang bersekutu jelas juga menerima pembayaran.

Banyak perusahaan obat membayar pekerja kesehatan yang menjadi mitra mereka yang mengkhususkan diri pada kondisi-kondisi  yang sesuai dengan produk mereka.

Takut peristiwa yang mempengaruhi resep

Sumber data ini adalah laporan pengungkapan terbaru yang diterbitkan oleh Medicines Australia sebagai bagian dari persyaratan pelaporan transparansi pemerintah.

Ini adalah pertama kali pembayaran kepada praktisi kesehatan individu diungkapkan.

Profesor Lisa Bero dan timnya di Charles Perkins Centre di University of Sydney mengambil data tersebut, membangun database mereka sendiri yang dapat dicari dan mengizinkan ABC untuk menganalisis hasilnya.

Profesor Bero mengatakan sementara banyak profesional kesehatan yang menjadi sekutu tidak dapat meresepkan obat terlarang, acara farmasi dapat mempengaruhi mereka untuk memesan tes spesifik yang menyebabkan penggunaan obat atau merekomendasikan obat ke klien.

"Atau ahli fisiologi olahraga bisa jadi ahli dalam pengobatan untuk mengatasi gangguan inflamasi dan membuat rekomendasi bagi seseorang menemui dokter mengenai hal itu."

Profesor Bero mengatakan itu adalah area yang penting karena bukti menunjukkan dokter yang menghadiri acara edukasi perusahaan farmasi memang meresepkan produk mereka lebih banyak.

"Serendah suatu paket makanan sekitar $ 10 atau $ 12 juga dikaitkan dengan kenaikan resep untuk produk yang berasal dari sponsor itu."

Pembayaran konperensi 'seharusnya tidak dianggap sebagai kickback'

Penelitian utama AS telah mengungkapkan penerimaan pembayaran dari perusahaan farmasi dikaitkan dengan tingkat kenaikan resep obat-obatan tersebut.

Ini juga diperluas ke acara pendidikan seperti konferensi dan simposium.

"Jika itu adalah simposium yang diterbitkan mengenai diabetes, mungkin tidak mengacu pada perubahan gaya hidup untuk memperbaiki diabetes, mungkin hanya berfokus pada satu obat tertentu," kata Profesor Bero.

Dokter dengan stetoskop
Industri farmasi menghabiskan hampir $500.000 untuk lebih dari 400 pembayaran bagi ahli gizi, apoteker, psikolog, fisioterapis dan ahli penyakit kaki.

Presiden sebuah industri farmasi di Australia yang merupakan warga Victoria, Anthony Tassone telah menghadiri pertemuan dewan penasihat.

Dia mengatakan bahwa pembayaran dewan penasihat hanya memberi kompensasi kepada apoteker untuk waktu mereka, termasuk perjalanan dan persiapan.

"Saya telah berada dalam jangkauan ini dan itu benar-benar hanya memberi umpan balik untuk memastikan mereka tidak mengatasi kemasannya dan tidak melakukan hal-hal bodoh dengan materi pendidikan mereka," katanya.

Dia mengatakan bahwa apoteker diminta untuk ikut serta dalam pendidikan berkelanjutan seperti konferensi agar tetap up to date dan isi konferensi tersebut diatur dengan ketat.

"Ini tentang mencoba mendapatkan hasil terbaik, tentu tidak seharusnya dianggap sebagai kickback  atau alasan lain," katanya.

Juru bicara untuk lembaga “Medicines Australia’, yang mewakili industri farmasi, mengatakan bahwa pembayaran tersebut diterbitkan sebagai bagian dari kode etik industri.

"Ini adalah standar yang sama dengan perusahaan farmasi di Eropa, dan secara signifikan lebih rinci daripada peraturan perundang-undangan industri di AS," katanya.

"Dengan mendukung pendidikan berkelanjutan, perusahaan dapat membantu profesional kesehatan untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan yang tepat tentang terapi inovatif baru, yang sesuai dan akuntabel.

Perawat penerima terbanyak setelah dokter

Perawat menerima jumlah terbesar dan sejumlah pembayaran dari perusahaan farmasi.

Hampir 1.600 perawat menerima lebih dari $ 1,6 juta pembayaran sementara praktisi perawat menerima lebih dari $ 62.000.

Jumlah terbesar pembayaran ini dilakukan oleh perusahaan farmasi Abbive, sementara perusahaan lain yang paling banyak melakukan pembayaran untuk perawat adalah Sanofi.

Perusahaan farmasi Amgen membayar semua 36 praktisi perawat di database, termasuk memberi $ 17.000 kepada satu praktisi perawat untuk menghadiri pertemuan pendidikan luar negeri.

perawat di ruang operasi
Perawat menerima pembayaran tertinggi dari industri farmasi.

Flickr: Zsenko Zivkovic

Profesor Bero mengatakan bahwa praktisi perawat dapat meresepkan obat-obatan sementara perawat dapat mempengaruhi pembelian obat jika mereka berada di papan pembelian rumah sakit.

Asisten Federasi Perawat dan Asisten Perawat Australia dan perawat kebidanan Annie Butler mengatakan bahwa pembayaran kepada perawat rendah secara keseluruhan dan tidak akan mempengaruhi saran mereka kepada pasien.

"Perawat memiliki kode etik profesional," katanya.

"Ada pernyataan yang sangat eksplisit yang mengharuskan mereka untuk memastikan mereka memberikan informasi yang tidak memihak dan jujur dan akurat, baik yang berkaitan dengan perawatan yang mereka berikan dan produk layanan kesehatan apa pun yang mereka gunakan termasuk obat-obatan."

Ilmuwan penelitian menerima pembayaran

Angka tersebut juga mengungkapkan pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan farmasi kepada ilmuwan peneliti  mencapai $ 33.000.

Ini termasuk pembayaran lebih dari $ 19.000 yang diberikan kepada profesor peneliti diabetes,  Wendy Davis dari Universitas Western Australia.

Dia dibayar untuk menjadi pembicara pertemuan pendidikan untuk Eli Lilly, produsen utama produk insulin.

obat-obatan
Seorang presiden Asosiasi Farmasi mengatakan pembayaran bagi dewan penasihat hanya bentuk kompensasi apoteker untuk waktu mereka.

Pexels: public domain

Wendy Davis mengatakan kepada ABC bahwa dia menerima pembayaran untuk mengajarkan statistik dan epidemiologi kepada profesional kesehatan untuk membantu mereka memahami percobaan dan studi klinis dengan lebih baik.

"Materi yang saya ajarkan tidak bergantung pada kepentingan komersial," katanya.

"Universitas saya mendorong kolaborasi semacam itu."

Dia mengatakan bahwa dia mengajukan diri untuk mengikuti daftar transparansi.

"Saya tidak berkewajiban karena saya tidak merawat pasien dan tidak meresepkan obat-obatan," katanya.

Profesor Bero mengatakan bahwa dia ingin perusahaan farmasi mengungkapkan lebih banyak tentang mengapa sebenarnya ilmuwan riset dibayar.

"Mereka menyarankan orang dibayar untuk berada di dewan penasihat dan mereka benar-benar mencari pemimpin opini di industri tertentu," katanya.

"Itu adalah strategi perusahaan farmasi yang pernah digunakan sebelumnya ... jadi mereka memiliki pemimpin opini utama yang menyukai produk mereka."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.