ABC

Indonesian Cultural Day Sambut IndoFest di Adelaide

Masyarakat Indonesia di Adelaide tidak pernah kehilangan semangat untuk mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Australia pada khususnya dan masyarakat dunia secara umum.

Setelah perayaan 17 Agustus yang sangat meriah dan dipenuhi dengan penampilan budaya nusantara, pada Sabtu (10/9/2016) lalu masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Australian Indonesian Association berkerjasama dengan Burnside Library menyelenggarakan Indonesian Cultural Day.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari perayaan festival tahunan masyarakat Indonesia di Australia Selatan yang bernama INDOfest. Puncak perayaan INDOfest akan dilaksanakan pada 25 September mendatang.

Ketua Australian Indonesian Association South Australia (AIA-SA) Tji Goodhart saat membuka kegiatan Indonesian Cultural Day menegaskan acara ini merupakan bagian kecil dari festival terbesar yang akan diselenggarakan nanti.

Menurutnya, Indonesian Cutural Day adalah momentum tepat untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat dunia termasuk mempererat hubungan people to people, antara masyarakat Indonesia dan Australia.

Kiriman Iyan (2).jpg
Penampilan salah satu kelompok tari pada Indonesian Cultural Day di Adelaide. (Foto: Kiriman/Iyan)

Dalam Indonesian Cultural Day itu ditampilkan beberapa tarian dan musik khas daerah serta menawarkan makanan khas nusantara. Wahyuddin Myeh, salah seorang pengunjung, mengaku “Beberapa makanan khas Indonesia menjadi daya tarik tersendiri, bahkan antrian panjang pun terjadi di salah satu stall makanan."

Selain makanan, yang tidak kalah menarik tentunya adalah penampilan tarian khas daerah seperti tari Tor-tor Siburuk dari Batak, tari Rantak dari Minang, Ondel-ondel, Rabana, Angklung dan lainnya. Penampilan itu mampu menarik perhatian dan tepuk tangan meriah dari pengunjung.

Kegiatan INDOfest Adelaide sendiri nantinya akan diisi parade budaya Indonesia, dibarengi dengan puluhan penampilan budaya dan alat musik serta dikhiasi beragam makanan khas nusantara. Acara yang melibatkan lebih dari 200 voluntir itu akan menjadi perhelatan akbar budaya Indonesia yang meriah.

Credit to Iyaan.jpg
Para penari yang turut meramaikan Indonesian Cultural Day di Adelaide. (Foto: Kiriman/Iyan)

*Soni Ariawan, mahasiswa Master of Education pada University of Adelaide.