ABC

Indonesia Siap Berlaga di Piala Footy Internasional

Kapten tim nasional footy Indonesia Garuda mengatakan sudah siap untuk mengikuti seri pertandingan sepakbola gaya Australia di ajang Piala Australian Football League (AFL) Internasional, yang akan dimulai hari Minggu (6/08/2017).

Timboel Kukuh, kapten Tim Indonesia Garuda
Timboel Kukuh, kapten Tim Indonesia Garuda

Foto: Koleksi Pribadi

Timboel Kukuh menyatakan kesiapannya saat seluruh 25 pemain tim nasional Indonesia sudah tiba di kota Melbourne, yang menjadi tuan rumah Piala AFL Internasional.

"Dari segi persiapannya sudah banyak yang berubah, karena ini ada kedua kalinya kita ikut piala internasional, jadi lebih percaya diri," ujar Timboel kepada Erwin Renaldi dari ABC di Melbourne.

Tim nasional Indonesia Garuda terdiri dari 13 pemain dari tim footy asal Jakarta, yakni Jakarta Bintang, 11 orang dari tim Borneo Bears yang bermarkas di Balikpapan, serta dua orang dari tim Bali Gecko.

Mereka sebelumnya juga sudah pernah berlaga di piala internasional pada tahun 2014 yang lalu.

"Persiapannya sudah mantap, tapi karena latihan tiap tim sendiri-sendiri di kota berbeda, waktu kami untuk berkumpul dan berlatih bersama masih kurang," kata pria kelahiran tahun 1994 tersebut.

Dalam seri Piala AFL Internasional, tim nasional footy Indonesia berada di divisi dua, pool A, bersama dengan China, Croatia, dan Sri Lanka.

Pertandingan pertama timnas Indonesia akan berlangsung melawan Sri Lanka, hari Minggu (6/08/2017), pukul 09:30 pagi di lapangan footy, Royal Park, Melbourne.

"Sebetulnya dalam pertandingan nanti yang kami takuti adalah melawan Kroasia, karena di liga Eropa mereka pernah juara dua kali," ungkap Timboel yang berasal dari tim Borneo Bears.

Indonesia memenangkan Piala AFL Asia 2016 saat kalahkan tim nasional China
Indonesia memenangkan Piala AFL Asia 2016 saat kalahkan tim nasional China

Foto: AFL Asia

Tapi menurutnya, timnas Indonesia pun sudah membuktikan diri dalam sepakbola bergaya Australia dalam Piala AFL Asia tahun 2016, dengan keluar sebagai juara saat melawan timnas China.

"Pertandingan yang kami tunggu-tunggu adalah saat kembali akan berhadapan dengan tim China di putaran ketiga, Sabtu mendatang (12/08/2017)."

Tak hanya itu, timnas Indonesia juga menorehkan prestasinya lainnya di Piala AFL Asia.

Markus Ria berhasil menyabet gelar Most Valuable Player pada tahun 2016 lalu.

Markus Ria, peraih penghargaan Most Valuable Player di AFL Asian Cup 2016
Markus Ria, peraih penghargaan Most Valuable Player di AFL Asian Cup 2016

Foto: Facebook AFL International Cup

Timboel berharap jika timnas Indonesia setidaknya bisa masuk babak final, dengan berada diperingkat satu atau dua pool A divisi dua.

Ia pun masih berharap agar lebih banyak warga Indonesia, termasuk yang berada di Australia, untuk mendukung tim nasional Indonesia di ajang piala internasional AFL ini.

Kejuaraan internasional AFL digelar setiap tiga tahun sekali di Melbourne, ibu kota olahraga khas Australia ini.

Hampir 20 negara sudah mengirimkan tim nasionalnya ke ajang yang bertujuan untuk lebih mempopulerkan permainan bola bergaya Australia di dunia, termasuk merayakan keberagaman yang menjadi ciri khas Australia.

Tahun ini, AFL Internasional Cup digelar dari tanggal 5-19 Agustus di sejumlah lapangan footy yang berada di sejumlah kawasan di negara bagian Victoria.

Anda bisa menonton laga timnas Indonesia melalui siaran langsung lewat YouTube.