ABC

Indahnya Pergantian Warna Daun di Musim Gugur Australia

Musim Gugur sudah dimulai di Australia sejak bulan Maret lalu. Ada waktu tiga bulan bagi Anda untuk menikmati keindahan perubahan warna-warni daun di pepohonan sebelum musim dingin datang di bulan Juni mendatang.

Glenn Maskell, Kepala Holtikultur dari taman nasional, National Rhododendron Garden di Olinda, kawasan pegunungan Dandenong, negara bagian Victoria menjelaskan mengapa daun-daun di pepohonan memberikan keindahan yang menakjubkan.

Daun yang berwarna hijau berubah menjadi merah, kuning keemasan, hingga oranye, sebelum akhirnya jatuh dan meninggalkan batangnya di musim dingin.

"Daun hijau mengandung klorofil, yang fungsinya untuk memproduksi energi pada pepohonan. Saat suhu dingin, energi yang dihasilkan dikembalikan ke bagian inti tanaman, sehingga energi di dedaunan menghilang dan meninggalkan warna merah dan kuning," ujar Glenn kepada program Gardening, milik ABC TV.

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

Keindahan warna musim gugur bisa mulai dinikmati sesaat setelah hari-hari di musim panas berangsur menjadi lebih dingin di malam hari.

Salah satu keindahan musim gugur bisa dinikmatii di kawasan Pegunungan Macedon, negara bagian Victoria.

Tempat ini bisa dicapai dalam waktu kurang dari sejam menyetir dari kota Melbourne.

Mulai pertengahan bulan April, jalur pepohonan yang cukup panjang ramai dikunjungi turis asing.

Karenanya tak heran jika Anda melihat pasangan menikah yang berfoto di kawasan ini atau jika ada turis yang berpose dengan berbaring di jalan dengan latar belakang pepohonan berwarna oranye keemasan.

Di negara bagian Queensland, Anda bisa menikmati pemandangan musim gugur di kawasan James Street, yang juga dipenuhi dengan pertokoan dan sejumlah kafe.

Jika Anda kebetulan sedang berada atau hendak pergi ke Sydney, kawasan Bowral, sekitar 90 menit menyetir dari ibu kota New South Wales ini menawarkan pemandangan yang sangat kental dengan sentuhan Eropa.

Di negara bagian Australia Barat, sebuah kawasan yang terletak tiga jam menyetir dari arah selatan kota Perth, bernama Nannup juga bisa menawarkan keindahan musim gugur.

Menuruni bukit Anda menikmati pepohonan berwarna merah, kuning, dan oranye. Atau Anda juga bisa berpiknik di Golden Valley Tree Park.

Simak beberapa foto-foto dari keindahan musim gugur di Australia disini.