ABC

Ilmuwan Ubah Cara Menghitung, Populasi Penguin Melonjak

Ternyata selama ini kita tidak tepat dalam memperkirakan jumlah penguin jenis Adelie yang terdapat di Antartika Timur. Bahkan, ketidaktepatan itu jumlahnya hampir empat juta ekor.

Hal itu diketahui dari studi terbaru yang dilakukan tim ilmuwan Australia, Perancis dan Jepang dengan mempergunakan survei udara dan darat terhadap penguin Adelie, penandaan dan data, serta kamera otomatis selama beberapa musim berkembang biak.

Para peneliti fokus pada wilayah 5.000 kilometer dari garis pantai di Antartika Timur, dengan perkiraan jumlah penguin 5,9 juta ekor.

Pengolahan data yang dilakukan peneliti menyebutkan perkiraan umum sekitar 14 hingga 16 juta ekor penguin atau 3,6 juta lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya.

"Penguin yang tidak sedang kawin sulit untuk dihitung karena mereka keluar mencari makan di laut, bukannya bersarang di koloninya di darat," kata ekologis dari Australian Antarctic Division(AAD Dr Louise Emmerson.

"Namun, penelitian kami di Antartika Timur menunjukkan bahwa penguin Adelie yang tidak sedang kawin mungkin sama, atau lebih banyak dari yang sedang kawin," katanya.

"Penguin ini merupakan cadangan penting bagi pembiakan di masa depan dan dengan memperkirakan jumlahnya kita bisa memahami kebutuhan makanan seluruh populasinya," jelas Dr Emmerson.

Adelie penguins group.
Kelompok penguin jenis Adelie.

Supplied: Australian Antarctic Division

Daftar AAD untuk penguin Adelie mencatat bahwa seperti semua penguin lainnya "Adelie adalah perenang yang baik. Sejumlah di antaranya tercatat berenang sejauh 300 kilometer (150 km sekali jalan) untuk mencari makanan buat anak-anaknya".

Tapi penguin Adelie bukan hanya pandai berenang.

"Mereka sangat gigih dan penjelajah jarak jauh yang sukses. Jika saljunya cukup menutupi air, mereka lebih memilih meluncur dengan perutnya," demikian disebutkan AAD.

Dr Emmerson menjelaskan sampai sekarang perkiraan populasi hanya menghitung pasangan yang sedang kawin dan tidak memasukkan penguin yang tidak.

Penelitian ini juga memperkirakan jumlah mangsa yang diperlukan untuk mendukung populasi penguin Adelie.

"Diperkirakan 193.500 ton udang-udangan dan 18.800 ton ikan yang dimakan selama musim kawin oleh penguin Adelie yang sedang kawin di Antartika Timur," kata Dr Emmerson.

Menurut penjelasan AAD, informasi riset ini akan dipergunakan oleh Commission for the Conservation of Antarctic Marine Living Resources untuk mengatur batas penangkapan udang agar bisa berkelanjutan.

Automated camera monitors Adelie penguin population
Kamera otomatis memonitor populasi penguin jenis Adelie.

Supplied: Australian Antarctic Division

Diterbitkan Pukul 13:00 AEST 15 Maret 2017 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris.