ABC

Ikuti Jejak AS, Australia Ubah Prosedur Manajemen Ebola bagi Petugas Kesehatan

Kepala petugas medis Australia akan bertemu di Sydney pada hari Kamis mendatang untuk membahas keselamatan para pekerja kesehatan di Australia pasca otoritas kesehatan  Amerika Serikat meningkatkan pedoman penanganan awal bagi pekerja yang terpapar Ebola.

 

Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat merilis rekomendasi baru bagi para pekerja kesehatan di Amerika yang bekerja malam.
 
Pedoman tersebut diharapkan sudah dapat tersedia paling awal Sabtu mendatang, namun ditarik kembali karena masih sedang ditinjau ulang oleh pakar dan pejabat AS.
 
Belakangan memang ada desakan agar ditingkatkannya koordinasi dan konsistensi di seluruh sistem kesehatan Australia menyusul kasus dua perawat di Dallas yang terinfeksi Ebola ketika merawat pasien Ebola pertama di Amerika, Thomas Eric Duncan.
 
"Para perawat itu terinfeksi dan karenanya protokol itu telah diganti," kata  Dr Anthony Fauci dari Institut Alergi dan Penyakit Infeksi AS.
 
Pekerja kesehatan di AS saat ini tengah mendapat konsultasi agar menjaga kulit mereka agar benar-benar tertutup dan diawasi ketika menggunakan atau melepaskan peralatan pelindung.
 
"Resiko terbesar dari penanganan Ebola adalah ketika melepaskan perlengkapan yang dikenakan oleh pekerja kesehatan," kata Dr Frieden.

Dia mengatakan penggunaan peralatan diperlukan sebagai ritual rutin dan ditekankan pentingnya peralatan yang standar. saat ini setiap negara bagian dan teritori memiliki pedoman yang saling berbeda bagi pekerja rumah sakit yang menangani pasien dengan penyakit menular.
 
Kementerian Kesehatan New South Wales akan merombak prosedur pengendalian infeksi dengan standar tertinggi untuk mencegah virus yang sangat menular menyebar dalam hal wabah di negara bagiannya.
 
Semua negara bagian dan teritori cenderung akan mengikuti langkah ini setelah pertemuan hari Kamis mendatang. 
 
Profesor Sharon Lewin dari Institut Penyakit Menular dan Imunitas Doherty, Melbourne mengatakan kurangnya konsistensi di negara bagian akan menciptakan kebingungan. 
 
"Yang paling penting adalah koordinasi yang bagus dan berbagi informasi yang baik," kata Profesor Lewin. 
 
"Anda ingin memiliki pesan yang sangat jelas bagi para petugas kesehatan di Australia tentang bagaimana rencana pemerintah federal dan rencana negara bagian untuk memastikan bahwa mereka berada dalam lingkungan yang aman."