ABC

Ide Bisnis Muncul dari Musim Kemarau di Queensland

Dari kesulitan sering kali muncul inspirasi besar. Beberapa petani di wilayah barat negara bagian Queensland yang mengalami musim kekeringan selama lima tahun terakhir, sekarang muncul dengan beberapa ide bisnis yang sudah dikembangkan

Julie Brown dari Ilfracombe, sekitar 1150 km dari ibukota Queensland, Brisbane, sekarang memulai bisnis membuat pakaian renang yang dijual online, hal yang mungkin aneh karena Brown sebelumnya mengurusi peternakan kambing yang mengalami kesulitan air karena kemarau.

Di saat puncak kekeringan di tahun 2015, tanpa pengalaman bisnis sebelumnya, Brown menggunakan seluruh uang simpanannya, dan juga sisa waktunya untuk membangun bisnis membuat pakaian renang yang bisa melindungi pemakaianya dari sinar matahari.

"Kami tidak bisa menguasai alam, tetapi saya merasa sudah bekerja keras untuk membangun Coola Cozzies, saya bisa menguasai bisnis, sehingga saya bisa membuat perubahan." kata Brown.

Suaminya, Adrian Brown mengatakan dia bangga dengan kerja keras yang dilakukan istrinya.

"Saya hampir tidak percaya dengan waktu yang dihabiskannya untuk melakukan pencarian di internet." kata Adrian.

"Dia masih mengajar di siang hari dan kerja sampai malam. Dia kadang baru tidur jam 23:30 atau tengah malam."

Studio yang tidak konvensional

Julie Brown photographs family and friends dressed in her swimwear designs.
Julie Brown mengambil gambar keluarga dan teman-teman yang mengenakan pakaian renang rancangannya.

ABC Landline: Courtney Wilson

Para tetangga keluarga Brown mendukung usaha tersebut, dengan bersedia menjadi model untuk mengenakan pakaian renang yang dibuat oleh Julie.

Pengambilan gambar dilakukan di peternakan keluarga Brown bernama Marchmont.

Video yang mereka buat yang berisi teman-teman, keluarga dan tetangga yang mengenakan pakaian renang di Marchmont ini dengan cepat mendapat sambutan di internet, dan telah ditonton ribuan kali.

"Ini sangat berbeda dengan kehidupan sehari-hari di sini yang keras, dan saya kira tidak setiap hari kita melihat pakaian renang dikenakan di peternakan yang penuh debu dan kering. Jadi di situ mungkin menariknya." kata Julie.

Namun dalam semua perjalanan hidup, kadang di atas kadang di bawah, sehari setelah bisnis itu diluncurkan, seluruh komunikasi di rumah keluarga Brown terputus dan mereka tidak bisa berkomunikasi selama tiga minggu.

"Saya begitu kelimpungan, karena kemudian harus berkendara selama satu jam ke kota terdekat untuk mendapat internet, dan menyelesaikan situs. Apalagi kemudian stok pakaian renang itu tiba.

Bisnis ini sekarang bertumbuh, dan dalam waktu bersamaan, rumput mulai tumbuh di peternakan mereka, karena adanya hujan yang turun di musim dingin tahun lalu.

"Kami mendapat pesanan dari seluruh Australia, bahkan ada dua pembeli dari Tasmania. Juga ada pembeli dari Inggris, dua dari Amerika Serikat, dan dua dari Selandia Baru."

Bush business kicking goals at Google

Joy McClymont runs towards the gate of her property, Dalkeith.
Bisnis Joy McClymont adalah mengajar fitness orang lain dengan video dari peternakannya.

ABC Landline: Courtney Wilson

Bila Julie Brown mengembangkan bisnis pakaian renang dari kawasan peternakan yang kekurangan air, maka Joy McClymont menggunakan ladangnya sebagai lokasi bisnisnya.

Delapan tahun lalu, Joy McClymont mengembangkan bisnis pelatihan fisik jarak jauh dimana dia mengajar orang lain untuk latihan kebugaran lewat video, seminar lewat internet, konprensi jarak jauh, dan bahan-bahan tertulis.

Alat-alat yang digunakan untuk berlatih beban diambil dari alat pertanian miliknya seperti pipa irigasi, batu dan jalanan untuk berlari.

Pendekatan lain yang dilakukan McClymont dalam usaha untuk lebih bugar mendapat banyak perhatian.

Joy McClymont baru-baru ini diundang ke kantor pusat Google di Sydney untuk menerima penghargaan "Pahlawan Online Regional."

John Ball dari Google Australia memuji apa yang dilakukan Clymont untuk membuat orang lain yang berada jauh dari lokasi bisa belajar mengenai kebugaran lewat teknologi yang tersedia.

"Apa yang dilakukannya memiliki implikasi global, dan kami yakin kami memiliki teknologi dan solusi yang bisa membantu bisnisnya menjadi lebih besar." katanya.

McClymont mengatakan masa kekeringan yang dialaminya membuatnya mengembangkan apa yang semula hanyalah hobi menjadi bisnis.

"Saya mungkin harus berterimakasih kepada kekeringan yang mengubah cara berpikir saya. Saat itu sebenarnya saya sudah hampir putus asa untuk bisa melakukan hal yang lain, tetapi sekarang berpikir saya mestinya sudah melakukan sejak dulu."

Diterjemahkan pukul 11:30 AEST 3/3/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalama bahasa Inggris di sini