ABC

Hindari Penyalahgunaan, Australia Perketat Aturan Visa kerja 457

Demi menghindari penyalahgunaan, Pemerintah Federal Australia memutuskan akan memperketat kebijakan imigrasi pada program visa 457 bagi tenaga kerja terampil bersponsor.

Asisten Menteri Imigrasi, Michaelia Cash hari ini merilis respon Pemerintah Australia atas hasil evaluasi mengenai dugaan praktik penipuan dan penyalahgunaan dalam pelaksanaan sistem Visa 457.
 
Pemerintah federal Australia mengadopsi sebagian besar dari sejumlah rekomendasi yang dilahirkan dari hasil evaluasi tersebut.
 
"Misalnya, terkait soal integritas program 457 kami akam memperkuatnya dengan meningkatkan perhatian dan menambah sumber daya dalam mengawasi para pemberi sponsor kerja visa 457," kata Senator Cash.
 
"Kami juga tengah mempertimbangkan untuk memberlakukan sanksi hukum baru yang tidak membolehkan pemberi sponsor menerima bayaran atas penerbitan visa 457 oleh kantor imigrasi dan akan meningkatkan transparansi seputar proses pemberian sanksi dari kementerian Imigrasi serta meningkatkan komunikasi antar instansi pemerintah mengenai informasi penting khususnya Kantor Pajak Australia. "
 
Menurutnya hasil evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan program visa 457 tidak menemukan adanya praktek penipuan dan penyalahgunaan sebagaimana diklaim oleh pemerintahan sebelumnya, namun demikian pemerintah koalisi tetap akan merespon hasil evaluasi tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan pemerintah terhadap kalangan pengusaha yang diduga menyalahgunakan program visa 457.

Selain itu pemerintah juga mengadopsi rekomendasi yang meminta agar persyaratan pengujian bahasa Inggris untuk penerima 457 visa diubah. Dimana pelamar visa 457 harus memiliki skor kemampuan berbahasa Inggris rata-rata lima diempat komponen, bukan hanya melewati kriteria ini saja.
 
Respon pemerintah ini didukung oleh mayoritas pengusaha dan industri di Australia.
 
Direktur Eksekutif, Kelompok Industri Australia, Innes Willox, memuji respon yang seimbang dari pemerintah.
 
"Respon ini sedikit menyederhanakan beban birokrasi bagi kalangan pengusaha dan masih dimungkinkan untuk berlaku namun pemerintah memastikan bahwa penyimpangan dalam bentuk apapun yang dilakukan kalangan pengusaha akan dapat ditindak dan itu merupakan langkah yang tepat,' kata Willox.
 
Pemerintah Australia menargetkan seluruh perubahan ini akan sudah akan bisa direalisasikan pada akhir tahun mendatang, namun gerakan serikat buruh masih mendesak agar pemerintah mengevaluasi secara keseluruhan kebijakan pemberian visa sementara.
 
Salah satu rekomendasi yang belum diputuskan pemerintah untuk diadopsi atau tidak adalah desakan agar program pengujian pasar tenaga kerja, yang mengharuskan maajikan untuk menguji pasar lokal terlebih dahulu untuk mencari karyawan yang memiliki kriteria yang dibutuhkan perusahaannya sebelum mensponsori seseorang dengan visa 457.