ABC

Hilang 150 tahun, Lukisan Seniman Australia Ternama Ditemukan Kembali

Sebuah lukisan karya seniman lansekap Australia terkenal Eugene von Guerard, yang belum terlihat oleh para pakar seni selama hampir 150 tahun, kini berhasil ditemukan kembali.

Karya seni, berjudul ‘View of the Rocks Granite’ di Cape Woolamai, menggambarkan gelombang arus liar menerjang di atas Cape Woolamai di Phillip Island, di pesisir Victoria dan terakhir kali terlihat di depan umum pada tahun 1873 di Eksposisi Wina Internasional sebelum lukisan itu "menghilang".

CEO badan lelang Sotheby’s Australia, Geoffrey Smith mengatakan lukisan itu telah dipegang oleh seorang kolektor lukisan internasional selama 40 tahun terakhir, yang tidak menyadari pentingnya karya seni ini.

"Lukisan itu bahkan masih menggunakan bingkai aslinya yang kami yakini dibuat oleh pembuat bingkai terkemuka di Melbourne, Isaac Whitehead. Ini penemuan kembali yang sangat luar biasa," katanya.

"Ini soal kehilangan dan menemukan kembali. Lukisan ini jelas tidak hilang karena orang-orang memiliki lukisan ini yang memang kepunyaan mereka. Tapi lukisan ini merupakan kehilangan bagi kalangan pakar dan juga bagi para peneliti.

Lukisan von Guérard dilihat dari dekat
Apakah anda bisa melihat 3 orang nelayan dalam lukisan von Guérard ini?

Supplied: Sotheby's Australia

Geoffrey Smith mengatakan meskipun versi yang lebih kecil dari lukisan itu disimpan oleh Galeri Nasional Australia di Canberra, lukisan aslinya tidak pernah terlihat di depan umum sejak ditampilkan di Wina.

"Karena lukisan itu tidak pernah dipublikasikan, kita tidak pernah benar-benar tahu seperti apa," katanya. "Kami memiliki firasat... dari sejumlah deskripsi dan ulasan."

"Ketika saya dikirimi gambar dari lukisan ini, begitu melihatnya saya berpikir, 'ya, inilah lukisan yang hilang itu yang belum pernah terlihat selama hampir 150 tahun".

Lukisan itu ditandatangani dan diberi tanggal, serta termasuk alamat sang seniman di Gipps Street, Melbourne.

Sumber catatan

Geofrey Smith mengatakan seniman Von Guerard, yang lahir di Austria dan datang ke Australia untuk mencari peruntungan pada era demam emas tahun 1852, dianggap sebagai salah satu seniman Australia abad ke-19 yang paling penting.

Dikenal karena keahliannya mengabadikan sisi romantis dari lansekap Australia, Geofrey Smith mengatakan lukisan berjudul ‘View of the Rocks Granite’ ini cukup besar dibandingkan dengan lukisan von Guerard .

"Jika Anda melihatnya dengan seksama ada gambar para nelayan di bibir pantai dalam bentuk ‘close up’ dan sangat indah. Ada dua gambar sosok nelayan di latar depan dan ada satu sosok kecil nelayan lainnya di bebatuan tepat di bagian tengah lukisan," katanya.

"Jika Anda perhatikan dengan teliti ada juga kapal kecil yang dilukiskan berada di garis horizon dan ada burung yang sedang berputar-putar di atas puncak tiang kapal. Ini semua memberikan kesadaran skala," jelasnya.

Geofrey Smith mengatakan von Guerard bepergian ke berbagai negara untuk karya seni lukisnya, dan karya-karya lukisnya telah meraih rekor lukisan terbanyak di daratan Australia pada saat itu.

"Karena kemampuan teknisnya, kegairahannya menjadi begitu teliti dan cermat dalam penelitiannya, kita mndapatkan sangat jelas dan definitif seperti apa penampakan lansekap yang sebenarnya, dan seperti apa padang gurun Australia," katanya.

"Hal-hal seperti ini memiliki konsekuensi penting dalam hal hubungan antara pemukiman Eropa dengan penduduk Australia pertama, dan penduduk pribadi Australia dan juga dengan konservasi," katanya.

"Bahkan, para ilmuwan telah menggunakan lukisan von Guerard untuk membantu mereka dalam menanam kembali dan menghutankan kembali daerah-daerah tertentu yang telah hancur oleh pemukiman Eropa," tuturnya.

Lukisan itu akan di lelang di Sydney pada 3 Mei mendatang.

Lukisan Von Guerard berjudul Tower Hill 1855, dilukis dengan cat minyak di Kanvas.
Lukisan Von Guerard berjudul Tower Hill 1855, dilukis dengan cat minyak di Kanvas

National Gallery of Victoria