ABC

Hidangan Imlek Chef Australia Adam Liaw

Tahun baru Imlek menjadi istimewa karena para anggota keluarga yang merayakannya berkumpul bersama dan menikmati aneka sajian kuliner yang enak-enak. Untuk Imlek kali ini, chef asal Australia Adam Liaw berbagi menu kesukaannya, Yee Sang, sejenis salada ikan mentah!

"Makanan favorit saya yaitu hidangan yang disebut Yee Sang. Pada dasarnya diterjemahkan sebagai 'ikan mentah'," ujarnya kepada ABC Australia Plus.

Hidangan yang berasal dari Malaysia dan Singapura ini menjadi favorit keluarga pemenang MasterChef Australia tahun 2010 Adam Liaw di saat Imlek sejak dia masih kecil.

"Saya tidak tahu ada orang yang bahkan berpikir untuk membuat hidangan seperti itu selain untuk Imlek. Ini memang hidangan tahun baru," kata Adam.

The higher in the air you toss the Yee Sang ingredients, the better luck you will have in the coming year.
The higher in the air you toss the Yee Sang ingredients, the better luck you will have in the coming year.

Supplied: Adam Liaw

Yee Sang sebagian besar dimakan pada hari ke-15 dari siklus bulan untuk menandakan akhir dari Tahun Baru, meskipun dewasa ini banyak orang yang membuat hidangan ini di malam tahun baru untuk makan malam keluarga mereka.

"Kedengarannya aneh ketika Anda menggambarkannya, tapi menu ini berupa ikan mentah dan wonton renyah dan tentunya salad hijau dan sayuran ... semua diatur dengan acar jahe di piring besar dalam tumpukan besar," ujarnya.

Begitu biji wijen dan saus plum dituangkan ke bahan-bahan tersebut, menu ini pun sudah bisa dinikmati.

"Semua orang menggunakan sumpitnya ke piring salad dan menariknya ke atas. Itu berarti keberuntungan; semakin tinggi Anda melemparkannya ke atas, semakin tinggi pula keberuntungan Anda tahun ini," tutur Adam.

"Ini bisa diatur ketika ada enam atau tujuh orang di sekeliling meja. Tapi untuk makan malam keluarga kami yang terakhir, ada sekitar 60 orang yang berkumpul di sekitar meja," ujar Adam tertawa. "Jadi sedikit berantakan."

Mematahkan tradisi, Adam telah bereksperimen dengan bahan-bahan seperti rumput laut wakame untuk salada ini, karena warna cerahnya yang bagus.

"Tahun ini saya mungkin melakukan sedikit seni makanan - hal yang sangat berbau Kanton - dan ncoba membuatnya berbentuk ayam," ujarnya.

Baca resep Dragon See Yang dari Adam Liaw di sini.

Diterbuitkan Pukul 16:00 AEST 30 Januari 2017 oleh Farid M. Ibrahim.