ABC

Hasil X-Ray Ribuan Pasien di Queensland Kurang Ditangani dengan Baik

Dewan Layanan Rumah Sakit dan Kesehatan Gold Coast (GCHHS) mengungkapkan hasil sinar-X dari 48 ribu pasien ternyata tidak diperiksa oleh Radialog. padahal tanpa dibaca atau diperiksa terlebih dahulu oleh radiolog, gambar hasil pindai Sinar X-ray bisa mengakibatkan sejumlah konsekwensi fatal bagi pasien.

Temuan ini oleh Menteri Kesehatan Queensland, Lawrence Springborg disebut sebagai “kesalahan sistemik’ karena kasus ini juga tidak tercatat dalam laporan dan ulasan diagnosa resmi oleh pakar sinar–X.

Springborg mengatakan Dewan Layanan Rumah Sakit dan Kesehatab Gold Coast (GCHHS)) membongkar masalah ini Kamis lalu dan langsung melaporkan temuan ini ke Menteri Kesehatan. Dewan mendesak Kementerian Kesehatan menunjuk pakar independen untuk mengevaluasi kasus ini terkait dengan kebuntuan tersebut.

Kajian ini direncanakan akan berlangsung sekitar 3 bulan.

Direktur Ekskutif GCHHS, Ron Calvert mengatakan dua pasien terdampak dari kondisi ini, namun dia tidak bersedia memaparkan rincian dari kasus tersebut.

Dr Greg Slater dari Royal Australia dan pakar Radiologi dari Selandia Baru mengatakan kemungkinan ada lebih dari dua pasien yang terdampak dari kasus ini.

Dia mengatakan gambar sinar X-Ray yang tidak lebih dahulu dibaca oleh ahli Radiologi berpotensi menimbulkan dampak fatal pada pasien.

Hal itu terjadi mengingat radiologi merupakan satu-satunya keahlian yang dilatih untuk mendiagnosa masalah kesehatan yang luas cakupannya melalui gambar hasil sinar X.

"Banyak Spesialis memang ahli dibidangnya masing-masing, tapi gambar dari Sinar X-ray itu mengandung banyak informasi dari berbagai bagian tubuh lainnya, selain dari alasan utama mengapa perlu dilakukan  tindakan X-Ray,” katanya.

"Ada banyak penyakit berbeda yang dapat terjadi di dalam tubuh manusia, tubuh adalah gudang ribuan penyakit langka sehingga ketika Anda menambahkan mereka semua kemungkinan itu ada.

"Jadi ada segudang potensi konsekuensi dan dampak atas diagnosis yang tidak terjawab dan tertunda," tegas Slater.

"Ini bukan yang kita inginkan dan saya percaya itu juga bukan apa yang pemerintah inginkan - Kita semua ingin memperbaiki masalah ini"

Pemerintah Negara 'berkomitmen untuk transparansi'

Sementara menurut Direktur GCHHS, Ron Calvert mengatakan secara keseluruhan ada resiko yang sangat rendah bagi pasien, tetapi Ia mengakui kalau itu adalah situasi yang tidak dapat diterima.

Namun Menteri Kesehatan Queensland, Lawrence Springborg mengatakan "kegagalan sistemik" ini akan berlanjut tanpa intervensi dewan.

Dia mengatakan penyelidikan awal mengungkapkan ada  masalah endemik dengan jaringan pelaporan sejak bulan September 2013.

"Hari ini, tidak diketahui apakah backlog yang ada pada waktu itu pernah diolah dengan benar," katanya.

Namun Springborg menegaskan kalau dirinya berkomitmen untuk terbuka dan transparan dalam melaporkan isu ini dan masalah lain dalam sistem kesehatan.

Terkait temuan ini Menteri Kesehatan mengatakan pihak GCHHS telah mengajukan 3 bagian tindakan untuk mengatasi masalah ini yang akan sepenuhnya dilaksanakan.