ABC

Hasil Tes Narkoba Remaja Perth Dinyatakan Negatif

Kepolisian Daerah Bali memastikan tidak ada jejak narkoba dalam darah dan air seni Jamie Murphy, atau di bubuk putih yang ditemukan bersama remaja asal perth ini di sebuah klub malam di Kuta Bali.

Kapolda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto mengatakan, hasil uji forensik hanya menemukan obat penghilang nyeri dan kafein.
Sebelumnya pada Rabu (23/11), kuasa hukum Jamie Murphy mengatakan, tes terhadap bubuk putih yang dilakukan oleh tim forensik Polda Bali menunjukan hasil negatif.

Remaja berusia 18 tahun ini sudah hampir dua hari ditahan di kantor polisi Kuta menyusul penangkapannya di sebuah klub malam, pada Selasa (22/11). Petugas keamanan mengklaim menemukan bubuk putih di tas pinggang Jamie. Polisi mengatakan, remaja itu mengaku membeli bubuk putih dari seorang pengedar di jalanan Bali, tapi potongan gambar penangkapannya menunjukan bahwa remaja yang tampak kebingungan itu membantah benda tersebut miliknya.

Jamie Murphy
Jamie Murphy ditahan di Bali.

News Video

Tahun lalu, seorang pria Australia berusia 26 tahun dipenjarakan selama 12 bulan setelah kedapatan memiliki satu linting ganja, dan tahun 2011, seorang remaja berusia 14 tahun juga ditahan selama 2 bulan setelah tertangkap memiliki sejumput ganja.
Sekarang ini merupakan waktu yang populer bagi lulusan SMA di Australia atau ‘Schoolies’ untuk pergi ke Bali merayakan kelulusan mereka.
Pihak sekolah mengatakan, Jamie Murphy lulus dari Ellenbrook Secondary College tahun lalu.

Murphy menerima bantuan konsuler

Orang tua Jamie Murphy, pada Rabu (23/11), terbang ke Indonesia untuk menemui putra mereka.
Brendan dan Anna Murphy tidak menjawab pertanyaan di Bandara Perth, tapi ketika ditanya jika ada yang ingin mereka ungkapkan, Brendan Murphy mengatakan: “ Kami mencintai anak laki-laki kami."

Brendan dan Anna Murphy di Bandara Perth
Brendan dan Anna Murphy di Bandara Perth bersiap menuju Bali.

ABC News: Briana Shepherd


Klub sepak bola yang diikuti Jamie Murphy, Bayswater City, mengunggah pesan bernada dukungan di laman Facebook mereka.
"Kami hendak menyampaikan dukungan kepada Jamie Murphy dan keluarganya dalam situasi tragis ini,” demikian tulis unggahan tersebut.
“Kami akan melakukan apapun untuk membantu memulangkan Jamie!
“Anna Murphy juga hendak menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada semua yang menghubungi klub untuk menawarkan bantuan dan dukungan.”
Klub Sepak Bola yang diikuti Jamie juga mengunggah kompilasi foto Jamie yang sedang bermain sepak bola, dibawah pesan “Bring Jamie Murphy home’ (Pulangkan Jamie Murphy) di halaman FB klub tersebut.
Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, mengatakan kepada media lokal, staf konsuler telah mengontak Jamie, dan ingin bertemu dengannya.
Julie Bishop mengatakan, keluarga Jamie menerima dukungan konsuler di Australia, dan mengingatkan para wisatawan bahwa warga Australia juga menjadi subjek hukum negara tujuan ketika mereka bepergian ke luar negeri.
Tersangka kasus narkoba di Bali Jamie Murphy
Remaja Perth, Jamie Murphy (kanan) dengan teman.

Supplied: Facebook


Diterjemahkan pukul 15:45 WIB, 23/11/2016, oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.