ABC

Hari Hijab Sedunia, Ajang Solidaritas kepada Muslim dengan Menutup Kepala

Perempuan di seluruh dunia berbagi gambar mereka mengenakan hijab sebagai bentuk dukungan bagi perempuan Muslim pada Hari Hijab Sedunia yang diperingati tanggal 1 Februari.

“Saya sangat senang menjadi bagian dari kampanye mempromosikan perdamaian dan pemahaman,” tulis seorang wanita.
‘Ini merupakan pengalaman yang sangat indah dan membuka mata saya!”

Burkas, niqabs and hijabs
Burkas, niqabs and hijabs

Peringatan Hari Hijab Sedunia pertama kali digelar tahun 2013, dan dicetuskan oleh seorang warga New York kelahiran Bangladesh, Nazma Khan, yang ingin membangun toleransi beragama dan pemahaman dengan mengajak perempuan non-Muslim dan perempuan Muslim yang tidak biasa menggunakan hijab untuk mencoba bagaimana rasanya menggunakan penutup kepala selama satu hari.

Robyn Blodgett, yang tidak terbiasa menutup kepalanya, mengunggah [fotonya yang berhijab] ke Instagram: “ada sesuatu yang sangat memberdayakan dan damai yang saya rasakan ketika saya menutup kepala dengan cara seperti ini. Perasaan yang tak bisa dipahami banyak orang.”

“Ketika saya keluar menggunakan hijab, saya berjalan dengan lebih percaya diri dan saya secara alami menjadi seseorang yang lebih baik dalam soal tujuan pribadi untuk berinteraksi dan bertindak.”

Perempuan yang biasa menggunakan hijab juga menggunakan tanggal 1 Februari untuk menyampaikan alasan mereka [menggunakan hijab].
“Hijab adalah mahkota yang kami pilih untuk gunakan ketika masyarakat sangat ingin kami menjadi orang kampungan,” tulis warga bernama Saphia di London.

Nuha mengunggah di akun Instagramnya: “Sehelai kain kecil ini membuat orang melihat kami secara berbeda, bahkan terkadang seperti alien tapi di mata saya, kami adalah sesuatu yang istimewa. Saya lebih suka dikagumi karena kecerdasan, pesona dan humor saya ketimbang dikagumi karena rambut dan tubuh saya. "
"Saya menutupi kepala saya, bukan otak saya," tulis Nour Ali.
Hijab adalah istilah umum di dalam Islam yang merujuk pada praktek penggunaan kerudung atau penutup kepala, tapi biasanya digambarkan sebagai selembar kain yang menutupi rambut dan dada.

hijabday3_abc_170202.png
Happy World Hijab Day everyone! saya sangat senang menjadi bagian dari mempromosikan perdamaian dan pemahaman! terma kasih Nazma Khan telah mengundang perempuan non-Muslim untuk merasakan menggunakan hijab selama satu hari! Ini sungguh indah dan pengalaman yang membuka mata saya!#worldhijabday #nazmakhan #istand4hijab

Mary Larson Instagram

Robyn Blodgett
Assalam Alaikum (Salam sejahtera untuk anda) & Happy #WorldHijabDay! “Ada sesuatu yang tidak dapat diungkapkan sangat memberdayakan dan damai yang saya rasakan ketika saya menutup bagian kepala saya dengan cara seperti ini. Perasaan yang banyak orang tidak bisa memahaminya. Ketika saya keluar mengenakan hijab, saya berjalan dengan lebih percaya diri dan saya mendapati diri saya secara alami menjadi versi seseorang yang lebih baik dari maksud pribadi saya dalam hal berinteraksi dan bertindak.” Saya senang hijab saya!

Robyn Blodgett Instagram

Aminata Kine Daff
Happyyy world hijab day!

Aminata Kine Daff Instagram

WafflingBrooke
'Menggunakan hijab mendukung seluruh Muslim perempuan diluar sana. #istand4hijab #worldhijabday #jewmarriedtoamuslim

WafflingBrooke Instagram

saphia
Hijab adalah mahkota yang kami pilih untuk gunakan ketika masyarakat sangat ingin kami menjadi orang kampungan.”

Saphia instagram

Jayney.Teese
Pertama kali saya menggunakan dan merasakan #hijab di #worldhijabday

Jayney.Teese instagram

Nour Ali
Saya menutup kepala saya, bukan otak saya. Happy #WorldHijabDay untuk saudara Muslim saya dan saudara hijab. Waktu yang sulit untuk semua Muslim di seluruh dunia (terutama di AS) tapi dengan iman kepada-Nya kita tentu akan selalu terlindungi :)

Nour Ali Instagram

M-KENZA
Happy