ABC

Harapan Hidup Warga Aborijin Lebih Cepat 10 Tahun

Menurut hasil statistik terbaru, kesenjangan harapan hidup antara warga Australia Aborijin dan non-Aborijin tetap berjarak sekitar satu dekade.

Laporan terbaru dari Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Australia (AIHW) menyebutkan, walau kondisi kesehatan warga Aborijin dan Selat Torres telah membaik, mereka masih di bawah warga Australia non-Aborijin.

Laporan dua tahunan, yang diterbitkan pada (13/9), ini menunjukkan bahwa pria Aborijin yang lahir antara tahun 2010 dan 2012 memiliki harapan hidup 69,1 tahun, satu dekade lebih cepat dari warga non-Aborijin.

Kesenjangan di antara perempuan sedikit lebih rendah yakni 9,5 tahun.

Antara tahun 2009-2013, 81% dari semua kematian warga Aborijin berada pada usia di bawah 75 tahun. Ini dua kali lipat lebih banyak daripada warga non-Aborijin, yang memiliki proporsi 34%.

Statistik terbaru ini muncul 10 tahun setelah peluncuran kampanye ‘Closing the Gap’ (menutup kesenjangan), yang bertujuan untuk mengakhiri kesenjangan harapan hidup.

Awal tahun ini, Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, berjanji bahwa pemerintahannya akan berhubungan lebih intens dengan masyarakat Aborijin dalam hal "harapan dan optimisme ketimbang menyuarakan keputusasaan".

Warga Aborijin konsumsi alkohol lebih sedikit daripada warga Australia non-Aborijin

Meski tingkat merokok telah menurun secara nasional, aktifitas ini tetap tinggi di antara warga Australia Aborijin, dengan 44% warga Aborijin dan Selat Torres berusia di atas 15 tahun menggambarkan diri mereka sebagai perokok aktif.

Laporan itu menyatakan bahwa 42% dari warga Aborijin merokok setiap hari, 2,6 kali lebih banyak dari warga non-Aborijin.

Meski demikian, warga Aborijin minum alkohol lebih sedikit ketimbang warga non-Aborijin – 26% dari warga Aborijin dan Selat Torres berusia di atas 15 tahun sudah tidak mengkonsumsi alkohol selama 12 bulan terakhir.

Ini setara dengan tingkat bebas alkohol yang 1,6 kali lebih besar dari warga Australia non-Aborijin.

Kematian yang berpotensi dihindari -yang dikategorikan sebagai kematian yang bisa saja dihindari mengingat perawatan kesehatan yang tepat dan efektif -menyumbang 61% dari kematian warga Australia Aborijin yang berusia sampai 74 tahun antara tahun 2009-2013.

Ini 10% lebih banyak dari warga Australia non-Aborijin.      

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan: 13:40 WIB 13/09/2016 oleh Nurina Savitri.