ABC

Hal Ini Perlu Diketahui Jika Pesanan Airbnb Anda Dibatalkan

Koper sudah selesai dibereskan, cuti dari pekerjaan sudah diajukan dan anda juga sudah menemukan orang untuk menjaga hewan peliharaan.

Kamis lalu, saya dan pasangan saya, Leea, bersama putri kami yang berusia sembilan bulan, Piper, tinggal dua hari lagi pergi liburan pertama sebagai keluarga. Menginap dua malam di Gold Coast untuk menyaksikan pertandingan Pesta Olahraga Persemakmuran Commonwealth Games.

Kami tak merencanakanya pada menit-menit terakhir. Semuanya telah disiapkan sejak Juni 2017 ketika saya membeli tiket dan memesan kabin di sebuah properti di luar Gold Coast melalui AirBnB.

Tiba-tiba ada pesan dari Mark, host rumah yang saya booking, membatalkan pemesanan saya.

"Hai Pat, kami sangat menyesal, tetapi tiang listrik kami roboh dan kami tak punya aliran listrik di properti itu. Kami tidak bisa menjamu Anda. Sangat menyesal."

Alasan pembatalannya cukup bisa diterima. Saya mengerti semua hal bisa terjadi.

Tapi hal ini menyisakan kesulitan bagi kami, beberapa hari dari jadwal liburan kami.

Muncul banyak pertanyaan di kepalaku begitu mendapat pesan dari Mark.

Apa yang terjadi sekarang? Apakah saya mendapatkan uang saya kembali? Dapatkah saya menemukan akomodasi baru dengan waktu yang singkat?

Airbnb menawarkan para pihak sampai taraf tertentu. Kami ditawari tambahan 10 persen dari harga yang saya bayarkan untuk pemesanan baru.

Saya akhirnya menemukan tempat baru, sebuah apartemen di jantung surga bagi para peselancar. Tapi saya harus mengeluarkan biaya tambahan $ 100.

Pembatalan hingga ke pemesanan ulang membuat saya frustrasi. Dan akhirnya membuat saya harus mengeluarkan biaya tambahan.

Jadi inilah pelajaran yang saya dapatkan: 

Jika host membatalkan reservasi

Anda akan memiliki dua opsi:

• Men-transfer pembayaran Anda ke reservasi baru di Airbnb; atau

• Mendapatkan pengembalian uang sepenuhnya

Sydney Harbour dengan logo Airbnb
Tuan rumah Airbnb dapat ditangguhkan akunnya jika mereka membatalkan lebih dari tiga pemesanan dalam satu tahun.

AAP: Dan Himbrechts

Jika pemesanan Anda masih berjarak lebih dari empat minggu lagi, pembayaran Anda akan dikembalikan secara otomatis.

Jika Anda memilih untuk memesan Airbnb baru maka uang yang awalnya Anda bayarkan tersedia untuk dimasukkan ke dalam reservasi baru.

"Setelah Anda menemukan tempat baru, kami akan secara otomatis mentransfer pembayaran awal Anda ke permintaan reservasi baru, bersama dengan kredit yang memenuhi syarat dari Airbnb," kata website Airbnb.

"Jika biaya pemesanan baru Anda kurang dari pemesanan awal Anda, kami akan mengembalikan selisihnya."

Tambahan kredit

Itu bervariasi.

Bagi saya tambahan kredit yang saya dapatkan adalah 10 persen dari apa yang awalnya saya bayarkan.

Tetapi saya hanya bisa membelanjakan uang itu untuk akomodasi lain di Airbnb.

"Jika Anda memesan ulang dan tempat baru itu lebih mahal, kami dapat membantu dengan menutupi sebagian dari selisihnya," kata Airbnb.

Jadi pilihan Anda berkaitan dengan pemesanan ulang adalah: 

  • Jika biaya reservasi baru lebih mahal, kredit Anda akan diterapkan secara otomatis di halaman pembayaran. Airbnb tidak memberikan kredit jika biaya pemesanan baru Anda kurang dari yang pertama.
  • Ketika reservasi dibatalkan dan Anda memilih memesan ulang, Anda akan menerima email dengan jumlah kredit pemesanan ulang yang akan disediakan Airbnb. Jumlah kredit akan bervariasi berdasarkan pemesanan dan mungkin tidak mencakup selisih harga sepenuhnya.
  • Jika biaya reservasi baru lebih besar daripada pemesanan awal ditambah kredit, Anda harus membayar selisihnya.

Jika host minta dibatalkan, Apakah kita yang harus melakukannya?

Tidak! Ini adalah pikiran pertamaku setelah saya menerima pesanku, tapi saya senang tidak melakukannya.

Memang sulit untuk menahan diri. Saya pikir karena dia mengatakan kepada saya dia harus membatalkan, saya bisa melakukannya sendiri dan segera mulai mencari tempat baru.

Tapi saya senang karena memutuskan menunggu sampai dia yang melakukan pembatalan.

Ada beberapa alasan untuk ini:

  • Host akan mendapat hukuman: Mereka akan kehilangan uang, dan tidak dapat memesan ulang untuk tanggal yang semula Anda jadwalkan
  • Pengembalian: Anda berhak mendapatkan pengembalian uang penuh, atau dapat memperoleh kredit untuk pemesanan ulang, jika host yang membatalkan. Tapi jika membatalkan sendiri bisa membuat Anda kehabisan uang
  • Ini membuat Airbnb dalam lingkaran: Jika host membuat kebiasaan membatalkan pada tamu pada menit terakhir, mereka dapat ditangguhkan dari Airbnb

Meskipun saya diberitahu melalui pesan bahwa host harus membatalkan, saya tidak mendapat konfirmasi dari Airbnb bahwa itu telah dilakukan.

Saya akhirnya menghubungi Airbnb melalui Twitter untuk melihat apakah mereka bisa membantu.

Pada Jumat pagi saya mendapat konfirmasi bahwa reservasi saya telah dibatalkan, dan saya akan menerima tambahan kredit ke dalam pemesanan baru jika saya menginginkannya.

Jadi, jangan batalkan pemesanan Anda sendiri. Tunggulah sampai tuan rumah melakukannya.

Sanksi untuk host

Itu tergantung berapa lama mereka sudah bermitra dengan Airbnb.

Menurut situs Airbnb, biaya akan dibebaskan untuk pembatalan pertama dalam periode enam bulan.

Setelah itu, jumlah yang dipotong akan bergantung pada saat reservasi diterima, dan seberapa cepat sebelum check-in mereka membatalkannya.

• Lebih dari tujuh hari sebelum check-in, Airbnb akan memotong $ 50 dari pembayaran selanjutnya tuan rumah

• Kurang dari tujuh hari sebelum check-in, Airbnb akan memotong $ 100 dari pembayaran selanjutnya tuan rumah

Host juga harus hidup dengan tinjauan otomatis di halaman mereka jika mereka membatalkan sebelum hari check-in.

Ulasan tersebut tidak dapat dihapus, tetapi tuan rumah dapat meninggalkan pesan publik untuk mengklarifikasi mengapa tamu tertentu itu tetap dibatalkan.

Jika suatu host membatalkan tiga atau lebih pemesanan dalam satu tahun, daftar mereka dapat dinonaktifkan.

Seberapa besar persoalan ini

Tergantung siapa yang Anda tanyakan.

Airbnb tidak menanggapi pertanyaan saya tentang hal ini, tetapi tidak ada kekurangan ulasan online untuk layanan ini, baik dan buruk.

Saya menemukan orang lain yang pernah menghadapi situasi yang sama dengan saya akhir pekan ini. Beberapa dari mereka memiliki akomodasi di luar negeri yang dibatalkan begitu mereka turun dari pesawat.

"Apartemen yang dipesan di Paris dibatalkan kurang dari 24 jam sebelum kami tiba, ketika kami sedang dalam perjalanan dari AS ke Paris," tulis AM Lennon di situs web ulasan online, Trustpilot.

"Alternatif ditawarkan semuanya berjarak 20 mil di luar Paris, alternatif yang ditawarkan di Paris diiklankan di situs mereka di $ 780 untuk 4 malam namun mereka memberitahu saya bahwa sekarang akan biaya $ 1.450."

Faktanya, tuan rumah yang membatalkan tamu adalah keluhan nomor satu mengenai Airbnb, menurut blogger perjalanan internasional Asher Fergusson.

Tahun lalu ia mempelajari ada lebih dari 1.000 keluhan yang lebih serius dari para tamu Airbnb.

"Tuan rumah membatalkan pesanan" mencakup 20,5 persen dari total keluhan. 

Kiat pemesanan Airbnb

Kiat-kiat utama dari perusahaan Airbnb adalah:

• Kenali tuan rumah dan rumah Anda terlebih dahulu, termasuk membaca peraturan rumah, fasilitas, dan kebijakan pembatalan. Beritahu tuan rumah Anda untuk mengklarifikasi beberapa harapan sebelum Anda menginap

• Baca ulasan komunitas sebelumnya, yang menurut Airbnb "terinformasi dan nyata" karena hanya dapat diunggah setelah masa inap selesai

• Selalu berkomunikasi dan membayar di platform Airbnb, jangan membayar tuan rumah secara tunai dan segera laporkan setiap permintaan untuk melakukannya kepada Airbnb

• Jika ada yang tidak benar, seperti properti tidak seperti yang diiklankan, hubungi layanan pelanggan Airbnb segera

Piper Williams melambaikan tangan
Sampai nanti, Gold Coast.

Berita ABC: Patrick Williams

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.