ABC

Hakim Pengadilan Australia Selatan Jadi Target Rencana Pembunuhan

Para hakim di Pengadilan Distrik Australia Selatan diduga menjadi target rencana pembunuhan. Pelaku diantaranya menobatkan hakim Paul Rice dan pasangannya serta hakim Rosemary Davey sebagai target aksi mereka.

Di duga ada dua orang pria yang berencana  membunuh para hakim dan menghancurkan rumah Inspektur Polisi Craig Wall sebagai bentuk balasan atas hukuman yang dijatuhkan oleh Hakim Rice.

Perintah penahanan terhadap kedua tersangka itu telah diterbitkan untuk memberikan waktu bago ketiga korban untuk memberitahu teman-teman dan keluarga, tetapi peringatan itu sudah dicabut hari ini.
 
Pengadilan magistrasi mencabut perintah penahanan tersebut pada hari Senin lalu, tapi keputusan itu ditantang di Mahkamah Agung oleh pengacara salah satu dari dua pria yang dituduh.
 
Tahanan Frederick Bernard Walkuski dan Hendrick Gysbertus van Schaik ditangkap awal bulan ini dan telah didakwa dengan konspirasi untuk melakukan pembunuhan.
 
Walkuski telah dituduh menawarkan diri untuk membayar van Schaik melakukan pembunuhan terhadap para hakim dan menghancurkan rumah mereka serta membakar rumah Inspektur Wall.
 
Pada saat penangkapan polisi mengatakan mereka telah menyadari dugaan rencana pembunuhan itu sekitar dua bulan sebelumnya dan menangkap keduanya karena khawatir serangan yang direncanakan itu akan segera terjadi.
 
Perintah penahanan itu menjadi alasan mengapa kedua tersangka hingga saat ini masih mendekam di penjara.


Kasus ini  akan kembali disidangkan di pengadilan bulan Oktober mendatang.