ABC

Gunakan Lipstik Warna Cerah Untuk Galang Dana

Jika senyuman orang-orang di Australia terlihat lebih lebar pada bulan September mendatang, mungkin berkat upaya 'Liptember'.

Liptember adalah penggalangan dana untuk program kesehatan mental perempuan. Peserta Liptember akan menggunakan lipstick dengan warna-warna mencolok selama bulan September.

"Yang kita maksud adalah [warna] biru, hijau, dan oranye, terlihat sedikit konyol tapi demi mengumpulkan dana dan kesadaran," kata Luke Moris, pendiri Liptember kepada Radio ABC 774 di Melbourne.

Para peserta yang mengikuti kampanye ini kemudian akan mencari sponsor dari teman, keluarga, atau rekan-rekan kerja.

Dari hal-hal kecil

Kampanye Liptember pertama digelar pada tahun 2010 dan Lukas mengaku berhasil menggumpulkan uang yang 'relatif sedikit'.

Sebuah apotik yang juga menjual alat-alat kecantikan pernah menjadi mitra dari Liptember di tahun 2013 dan telah membantu upaya menggalang dana.

"Tahun lalu kami menggumpulkan lebih dari $900.000 [sekitar Rp 9 miliar]," kata Morris, yang berharap kampanye tahun 2016 ini bisa menggalang hingga $ 1 juta.

Menurut situs Liptember, satu dari tiga wanita Australia mengalami depresi atau kecemasan dalam hidup mereka dan 15 persen ibu yang telah melahirkan mengalami depresi.

Membantu para ibu untuk lebih memahami bayi mereka

Salah satu yang mendapat manfaat dari kampanye ini adalah Pusat Kesehatan Mental Perempuan di Royal Women's Hospital di Victoria.

Dr Susan Nicolson Mengatakan Liptember Akan Bantu Kesehatan Mental Para Perempuan
Dr Susan Nicolson Mengatakan Liptember Akan Bantu Kesehatan Mental Para Perempuan.

Foto: 774 ABC Melbourne, Simon Leo Brown

Dr Susan Nicolson, kepala pusat kesehatan mental perempuan tersebut mengatakan sebagian dari uang yang dikumpulkan akan digunakan untuk mengajarkan para orang tua untuk bisa mempelajari bahasa tubuh dari bayi yang baru lahir.

"Mereka adalah manusia-manusia kecil yang memiliki perasaan juga ketegangan," katanya.

"Kita membantu orang tua agar mulai dapat melihat dan memahami apa yang dirasakan bayi mereka."

Dana yang berhasil digalang dari kampanye Liptember sebelumnya telah digunakan untuk membuat program pelatihan nasional.

"Kami melatih para profesional ... untuk lebih membaca dan memahami komunikasi bayi," kata Dr Nicolson.

Meski kampanye terutama ditujukan pada perempuan, pria juga dipersilahkan untuk memakai lipstik sepanjang kampanye Liptember.

"Tahun ini, saya sudah memberanikan diri untuk memakainya di kantor tahun ini untuk memakainya di kantor..." kata Luke.

Dan Luke bukan satu-satunya pria yang akan menggunakannya, Jon Faine penyiar ABC yang mewawancarai Luke juga telah mengajukan diri untuk memakai lipstik berwarna cerah selama sehari sebagai bentuk dukungan.

Diterbitkan oleh Erwin Renaldi pada 25/08/2016 pukul 13:00 PM, dari artikel dalam bahasa Inggris berikut ini.