ABC

Gedung dan Landmark di Queensland jadi Sasaran Berburu Hantu Paranormal

Sejumlah gedung-gedung utama yang menjadi landmark di Kota Brisbane, Sunshine Coast serta Queensland Utara, akhir tahun ini akan menjadi ajang penyelidikan kegiatan paranormal. 

Foto tua dari sebuah rumah di Queensland. Peneliti paranormal Kade Jones mengatakan beberapa foto lama dan baru bisa menjadi sumber kegiatan paranormal mereka.

 
Gedung Film Majestic di Pomona dan bekas rumah sakit anak di Brisbane merupakan satu dari sejumlah lokasi di Queensland yang akan dijadikan tempat berburu hantu pada tahun 2015 ini.
 
Kade Jones, penyelidik paranormal dari organisasi Haunted Australia (Australia Berhantu), mengatakan Queensland memiliki banyak lokasi berhantu yang layak untuk dipelajari.
 
"Selama bertahun-tahun kita mendengar dari pasien di bekas rumah sakit anak Brisbane dan juga dari anggota keamanan dan staf rumah sakit kalau ada gadis kecil yang berkeliaran di koridor rumah sakit," katanya.
 
"Kita akan menyelidiki tempat itu tahun ini, dan karena gedung itu sangat luas makan sepertinya butuh waktu cukup lama untuk melakukannya dan kami berencana menyelidiki 12 gedung lainnya."
 
Jones mengatakan pada tahap pertama krunya akan menyelidiki gedung pertunjukan film atau theater di Pomona di Sunshine Coast.

"Sejak lama kita banyak mendapat laporan orang banyak mendengar suara-suara dan bayangan atau pundaknya disentuh orang ketika menonton film," katanya.
 
Dalam melakukan penyelidikan untuk kegiatan paranormal ini, Jones dan krunya akan dibantu oleh sejumlah teknologu baru seperti kamera pemindai panas tubuh.
 
"Butuh kesabaran, kamera cctv, kamera dengan pemindai panas tubuh, kamera dengan lampu sorot dimalam hari dan kamera berspektrum penuh yang dapat memberikan kita kedalaman gambar," katanya.
 
"Kita juga menggunakan perekam suara dan pembaca temperatur untuk melihat apakah ada perbedaan suhu dan mencari tahu apakah ada perbedaan gelombang elektronagnetik,"
 
"Kita akan mengetahui kalau kematian itu kerap diasosiasikan dengan orang menjadi dingin badannya, dan kita mengira akan berhadapan dengan sumber energi yang kita yakini juga memiliki energi panas tubuh,"
 
Jones mengaku kenikmatian dalam berburu hantu yang ditekuninya adalah bisa mempelajari sejarah dari lokasi-lokasi tua.
 
"Kami mendatangi gedung-gedung tua dan mempelajari sejarah mereka dan mendorong orang untuk melihatnya sendiri, kami pernah mendatangi gedung di Boggo Road Gaol dan kameramen saya menggunakan beragam kamera tapi pada lantai tengah gedung itu semua film mereka terhapus dan semua suara yang telah direkan juga hilang,"
 
Jones mengaku hobinya berburu gedung berhantu dimulai ketika dia melakukan perjalanan ke Tasmania 10 tahun lalu.
 
"Saya mendatangi sejumlah lokasi disana dan mengambil gambar di sejumlah lokasi bersejarah dan ternyata banyak muncul bayangan aneh di dalam foto yang saya buat," katanya.
 
"Ada bayangan, ada kilatan cahaya padahal digedung yang saya datangi tidak ada lampu ketika kami datangi,"
 
Menurutnya masyarakat haru s bersikap terbuka menghadapi kegiatan paranormal.
 
"Fakta sederhananya adalah kita berhadapan dengan orang-orang yang pada sekian tahun yang lalu pernah tinggal dan hidup di suatu kawasan yang kita datangi, mereka sudah meninggal tapi tidak berarti mereka sudah benar-benar meninggalkan lokasi itu," katanya.
 
"KIta memang tidak bisa 100% membuktikan keberadaan mereka tapi kita menghadapi sebentuk energi," katanya.