ABC

Game Online Antarkan Remaja Masa Kini Jadi Juara Dunia Catur

Remaja yang diajarkan bermain catur online sejak kecil telah mendominasi Kejuaraan Catur Australia tahun ini.

Acara dua tahunan ini selesai digelar di Melbourne pada hari Selasa (12/1) setelah 11 hari kompetisi, dengan finalis utama untuk semua gelar berusia di bawah 20 tahun.

Bobby Cheng, master catur internasional berusia 19-tahun dari negara bagian Victoria, dinobatkan menjadi juara Australia dan berada di posisi kedua secara keseluruhan.

Tempat pertama dalam turnamen ini direbut oleh remaja 19-tahun, Kanan Izzat, dari Azerbaijan, tetapi aturan kompetisi mengatur bahwa pemain asing tak memenuhi syarat untuk mendapat gelar juara Australia.

Tempat ketiga direnggut oleh pemain asal negara bagian Victoria berusia 16-tahun, Karl Zelesco.

Guy West, komentator dan mantan juara Australia, mengatakan, ia merasa terkejut akan dominasi pemain muda dalam kompetisi tahun ini.

Ia mengatakan, para pemain muda sekarang bisa belajar gerakan baru dengan menonton video online dan berlatih strategi melawan lawan itu di situs catur.

"Di masa lalu, keuntungan dari pengalaman lebih besar karena pemain berpengalaman akan bepergian keliling dunia," sebutnya.

"Kini, Anda bisa melakukan perjalanan keliling dunia melalui internet," imbuhnya.

Guy mengatakan, para pemain bisa mengakses database online yang berisi cuplikan permainan dari jutaan pertandingan di masa lalu dan menganalisa pertandingan tersebut dengan bantuan komputer catur yang canggih.

Catur tercipta untuk internet

Presiden lembaga ‘Chess Victoria’, Leonid Sandler, mengatakan, komputer catur adalah pemain yang jauh lebih baik, pada masa sekarang, ketimbang grandmaster catur manapun.

"Jika saya mendapatkan bantuan dari komputer selama pertandingan melawan juara dunia, saya akan menghancurkannya seperti lalat," umpamanya.

Ia mengatakan, dengan menggunakan komputer tersebut untuk mempersiapkan pertandingan, para pemain bisa memperbaiki permainan mereka dan menguji permainan potensial sebelum menggunakannya dalam kompetisi.

Komputer bahkan bisa menganalisa permainan lawan sebelumnya dan mensimulasikan gaya bermain mereka.

Leonid mengatakan, catur adalah olahraga yang "kurang lebih dibuat untuk era internet".

Pada kompetisi pekan ini, sensor di atas papan klasemen 8 besar mentransmisikan kondisi teraktual pertandingan secara online sehingga mereka yang tak berada di tempat pertandingan masih bisa menonton.

"Kejuaraan Catur Australia telah dilihat oleh, saya berani bertaruh, ribuan orang - tak hanya di Australia, tetapi juga di seluruh dunia. Ini adalah dunia catur masa kini yang global," tutur Leonid.