ABC

Gambar Model Bertubuh Bugar Berdampak Negatif Bagi Self Esteem Perempuan

Riset terbaru menunjukan majalah yang menggunakan gambar model perempuan berbadan super-fit ternyata dapat mempengaruhi self esteem perempuan. Mereka mengaku menjadi kurang menghargai atau merasa nyaman dengan dirinya sendiri setelah melihat gambar seperti itu.

Riset yang dilakukan Universitas Sunshine Coast mensurvey 322 perempuan setelah ditunjukan gambar model perempuan yang bugar dan aktif yang sering ditampilkan di majalah-majalah.
 
Psikolog Dr Kate Mulgrew mengatakan dari survey ini didapatkan hasil yang membingungkan karena banyak wanita mengaku merasa tidak puas dengan tubuhnya setelah melihat foto-foto tersebut.
 
Dia mengatakan temuan ini mempertanyakan apakah gambar-gambar  model perempuan yang fit dan aktif di majalah yang dikenal dengan sebutan 'fitspiration', mempromosikan citra tubuh yang lebih sehat.
 
"Gambar-gambar Fitspiration biasanya menggunakan model yang terlihat sedang melakukan aktifitas fisil seperti berlari, jogging dan angkat berat,” katanya.

"Tidak seharusnya gambar-gambar itu diasumsikan dapat membentuk citra tubuh yang lebih baik. Karena perempuan justru merasa tidak nyaman setelah melihat gambar-gambar tersebut,”

Dr Mulgrew mengatakan tipe tubuh super-fit sangat sulit dimiliki oleh wanita kebanyakan.

" Majalah masih menampilkan satu bentuk tubuh saja, bukan berbagai bentuk. Citra tubuh yang bugar masih ramping, kencang dan model yang menarik," katanya.
 
"Banyak perempuan melihat [gambar itu dan berpikir, 'Yah, aku tidak fit atau fleksibel atau kencang'."
 
Dr Mulgrew mengatakan orang yang berolahraga untuk kebugaran daripada penampilan memiliki citra tubuh yang lebih sehat.
 
"Fokusnya harus berusaha untuk mencapai gaya hidup sehat melalui cara-cara yang sehat, daripada mencoba untuk terlihat bagus," katanya.
 
Dari temuan ini, Dr Mulgrew meyakini majalah seharusnya menggunakan bentuk tubuh yang beragam. Ia juga mengatakan ada banyak riset yang menyarankan agar menggunakan bentuk tubuh yang lebih beragam untuk menjual peroduknya.
 
Sementara itu seniman pembentuk tubuh, Jane Muir yang telah melatih ribuah perempuan di Sunshine Coast selama berkarir di bidang kebugaran selama 21 tahun. 
 
Menurutnya foto model super-fit dapat menakutkan bagi wanita jika tidak ada cerita atau konteks yang menjelaskan mengapa gambar mereka digunakan.
 
"Jika Anda mengeluarkan foto wanita dengan bentuk tubuh yang menakjubkan fisik, maka wanita akan langsung menilainya seperti itu," katanya.
 
"Foto itu memerlukan penjelasan bagaimana cara model itu memiliki tubuh yang fit, dan  orang mendapat bahwa cara atau apa yang mereka lakukan untuk tetap fit, dan kemudian akan menginspirasi orang."
 
Muir mengatakan menempatkan model seperti foto di media sosial bisa sangat merepotkan, karena mereka sering tidak ada penjelasan dari penulis mengapa mereka diposting.

"Anda perlu menempatkan foto itu pada konteks dan mungkin menyajikan juga foto orang itu ketika tubuhnya belum fit dan sehat seperti sekarang agar pembaca paham mengapa mereka sekarang sangat bahagia,"
 
Muir mengatakan menambahkan kontek pada foto dapat menyediakan motivasi dan inspirasi bagi mereka yang melihat gambar tersebut.