ABC

Foto Telanjang Massal di Melbourne Dapat Lampu Hijau

Raksasa supermarket di Australia Woolworths telah setuju untuk membiarkan fotografer internasional khusu foto telanjang Spencer Tunick menggunakan salah satu parkir mobilnya untuk pemotretan setelah sebelumnya menolak memberikan izin.

Tunick telah merencanakan untuk memotret ribuan orang Melbourne telanjang di parkir mobil di tokonya di Prahran, Chapel Street, di pusat kota Melbourne.

Artis yang berbasis di New York ini terkenal karena foto-foto kerumunan orang telanjang di tempat umum dan telah menciptakan sejumlah instalasi manusia yang serupa, termasuk salah satunya di Sydney Opera House pada tahun 2010.

Grup bisnis lokal yang mengundang Tunick untuk menggunakan atap sebagai fitur utama dalam proyek seni musim dingin Melbourne mendatang mengatakan 10.000 orang telah mendaftar untuk ambil bagian dalam acara tersebut.

Sejumlah orang tak memakai baju berada di lapangan dengan latar belakang gereja di Melbourne.
Ribuan relawan telanjang di Federation Square di tahun 2001sedang menunggu seniman Spencer Tunick mengambil foto di Federation Square.

Reuters

Awalnya Woolworths menolak izin karena khawatir tentang dampaknya pada pelanggan selama masa akhir pekan yang sibuk.

Namun penyelenggara mengusulkan untuk menjadwal ulang pemotretan untuk Senin pagi dan Woolworths setuju.

Pemotretan akan berlangsung pada 9 Juli, akan selesai dalam satu jam dan peserta akan didesak untuk menggunakan transportasi umum untuk memastikan bahwa beberapa parkir mobil akan tersedia untuk pelanggan.

Juru bicara Woolworths mengatakan perusahaan selalu mendukung festival seni lokal.

"Penyelenggara festival ... menunjukkan kesediaan untuk menjadi fleksibel dengan tanggal dan waktu untuk memastikan pemotretan bisa terjadi tanpa merepotkan pelanggan kami selama perdagangan akhir pekan yang sibuk," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

"Akibatnya, kami sekarang dapat mengakomodasi permintaan untuk sementara mengosongkan atap untuk pengambilan foto Spencer Tunick.

"Ini adalah hasil yang baik yang akan memungkinkan Spencer Tunick untuk membuat profil daerah Chapel Street di panggung dunia tanpa mengorbankan kemampuan pelanggan kami untuk mengakses toko, dengan cara yang mudah dan nyaman."

Foto bugil massal Tunick di penjuru dunia

Ribuan orang berbaring dalam keadaan telanjang penuh dengan latar belakang sebuah gedung.
Lebih dari 5.000 warga Sydney ikut sesi pemotretan di tangga gedung Opera House pada 1 Maret 2010. Foto ini berjudul 'Mardi Gras: The Base'.

Dean Lewins: AAP

Sesi pemotretan di kawasan pantai San Sebastian, Spanyol
Ratusan orang dalam keadaan telanjang berfoto di pantai Zurriola di kawasan San Sebastian, Spanyol tahun 2006.

Pablo Sanchez: Reuters

Orang berpose telanjang dari belakang di sebuah gedung bertingkat.
2000 orang telanjang dan difoto sambil berpose di gedung Europarking di Amsterdam bulan Juni 2007.

Koen van Weel: Reuters

Sesi pemotretan di Museum Kunst Palast
Sesi pemotretan yang melibatkan puluhan relawan yang berfoto dalam keadaan telanjang di 'museum kunst palast' di Dusseldorf, Jerman tahun 2006.

Ina Fassbender: Reuters

Ratusan orang bertelanjang di dalam gedung auditorium di Spanyol.
Sesi pemotretan Spencer Tunick di Kursaal auditorium, Spanyol pada 22 April 2006.

Pablo Sanchez: Reuters

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.