ABC

Filantropis James Fairfax Hibahkan Bangunan Bersejarah Retford Park Senilai $20 Juta

Salah satu bangunan rumah bersejarah termegah di Southern Highlands, New South Wales, Rumah Retford Park,  resmi dihibahkan ke organisasi National Trust, yakni organisasi yang bertujuan melestarikan bangunan-bangunan bersejarah di seluruh Australia.

Filantropis dan pemerhati seni, James Fairfax mempercayakan bangunan bersejarah miliknya yakni rumah megah Retford Park kepada organisasi Bangunan Bersejarah Australia - National Trust.
 
Selain bangunan rumah megah bergaya arsitektur Italia berwarna merah itu, James Fairfax juga turut menyumbangkan uang jutaan dolar untuk menyokong biaya pemeliharaan dan pelestarian bangunan ikoni di Bowral seluas 33 hektar  tersebut.
 
Retford Park telah menjadi rumah peristirahatan bagi mantan Ketua dan Direktur Fairfax Limited itu, sejak Ia berhasil menguasai bangunan seluas 4 hektar area tersebut pada  tahun 1964.
 
CEO, National Trust, Brian Scarisbrick mengatakan hibah ini merupakan hadiah terbesar yang pernah didapatkan lembaganya di divisi NSW  sepanjang sejarah berdirinya organisasi pelestarian bangunan bersejarah itu selama 70 tahun.
 
"Hadiah dari James Fairfax ini merupakan hibah terbesar yang pernah kami terima. Properti ini memiliki nilai sekitar $20 juta," kata Scarisbrick.
 
"Bangunan ini merupakan sebuah karya nyata dan menjadi salah satu warisan bangunan bersejarah pertama milik National Trust yang akan Anda lihat ketika berkendara dari Sydney ke Southern Highlands. "
 
Berbicara pada upacara serah terima bangunan tersebut di Retford Park, Selasa (19/4), James Fairfax mengatakan sudah lama dirinya ingin melestarikan bangunan rumah megah tersebut.
 
"Agar generasi mendatang dapat melihat bagaimana properti itu tetap ada dan digunakan," katanya.
 
"Saya tahu bahwa Saya menyerahkan bangunan ini ke tangan yang aman yang akan mempertahankan dan memeliharanya untuk generasi Australia di masa yang akan datang,"
 
Sementara itu National Trust sebagai pemilik baru bangunan tersebut telah menyewakan kembali bangunan tersebut kepada James Fairfax selama hidupnya.
 
Salah satu syarat dari penyewaan itu adalah bahwa masyarakat tetap dibolehkan melihat tumah Retford tersebut.
 
Setelah dihibahkan rumah megah ini nantinya akan bisa diakses masyarakat umum pada waktu-waktu tertentu, namun  kapan untuk pertama kalinya warga bisa melihat bagian dalam bangunan tersebut masih belum ditentukan.
 
Retford Park akan dibuat menjadi bagian dari program wisata jejak warisan bangunan bersejarah yang akan dilakukan oleh National Trust hingga ke Southern Highlands.
 
Presiden National Trust, Clive Lucas mengatakan bangunan rumah megah ini akan menjadi warisan bangunan bersejarah pertama dan termegah dalam program Jejak Warisan Bangunan Bersejarah - National Trust Heritage Trail, yang terbentang di sepanjang Old Hume Highway.
 
"Pada akhirnya para penggemar bangunan bersejarah nanti akan dapat mengunjungi Retford Park di Bowral, Rumah miik keluarga Harper di Berrima, Golden Vale di Sutton Forrest, Riversdale di Goulburn, dan Cooma Cottage di Yass sebagai bagian dari paket wisata bangunan bersejarah mereka," katanya.
 
Sejak menguasai Retford Park di tahun 1964 senilai £15.000, James Fairfax seiring dengan berjalannya waktu telah meningkatkan kepemilikan lahannya di Bowral  hingga mencapai 120 hektar.
 
Sementara jalan masuk dan tamannya terus ditumbuhi tanaman, kondisi rumah megah berwarna merah itu sendiri masih cukup terjaga dengan baik," kata penasihat keuangan James  Fairfax, Allen Robinson.
 
"Tapi penataan taman itu bukan selera Fairfax, tapi arsitek Lesley Walford yang merancangnya dengan gaya yang cocok."

Sembilan puluh hektar tanah di sisi timur dan barat bangunan itu sekarang sedang dikembangkan menjadi kompleks perumahan baru.
 
National Trust mengatakan sebagian dari hasil penjualan bangunan perumahan baru itu nantinya juga akan disisihkan untuk National Trust untuk dijadikan sumber pendapatan yang akan digunakan untuk keberlangsungan pemeliharaan dan pelestarian bangunan tersebut.
 
Allen Robinson mengatakan dirinya selama bertahun-tahun menyusun rencana untuk menjadikan bangunan bersejah itu bisa diakses publik.
 
"Setelah melalui riset panjang dan banyak berdiskusi kami memutuskan lembaga National Trust akan menjadi pemilik yang pas untuk bangunan ini," katanya.
 
Menurut situs Retford Park, sejarah kepemilikan tanah di Retford Park oleh orang  Eropa dimulai pada tahun 1821, ketika Gubernur Macquarie memberikan hak kepada  Edward Riley atas  dua bidang tanah yang ketika itu dikenal dengan sebutan Bloomfield.
 
Bangunan rumah dan taman itu tetap dalam kepemilikan keluarga Riley sampai tahun 1880-an ketika akhirnya diakuisisi oleh Samuel Hordern, putra Anthony Hordern, yang kemudian memberinya nama dengan Taman Retford untuk mengenang keluarga  Retford mereka yang berada di Nottinghamshire, Inggris.
 
Rumah itu selesai pada tahun 1887 dan memiliki fasilitas peternakan kuda dan sapi.
 
Keluarga Hordern terakhir yang menempati bangunan tersebut, Samuel Hordern III, tewas dalam peristiwa kecelakaan mobil pada tahun 1960 sebelum akhirnya perusahaan milik Amerika, King Ranch, memiliki bangunan tersebut.
 
James Fairfax membeli rumah itu dari King Ranch pada tahun 1964 dan mendekor ulang rumah itu dan juga merenovasi kebun berdasarkan rekomendasi dari arsitektur ternama Leslie Walford  .
 
Rumah peristirahatan itu telah menjadi tuan rumah bagi sejumlah anggota keluarga kerajaan yang sedang berkunjung ke NSW.