ABC

Emoji Kesetaraan Gender dari Apple

Para pengguna telepon iPhone dan iPad dalam waktu dekat akan bisa menggunakan emoji baru, setelah perusahaan pembuatnya mengeluarkan beberapa emoji termasuk yang mempromosikan kesetaraan gender.

Versi beta iOs10 sudah dikeluarkan, dan di antara emoji yang baru ini adalah beberapa versi perempuan dari karakter yang sebelumnya hanya ada versi laki-lakinya.

Emoji baru ini di antaranya pesepeda, pemain surfing, perenang detektif, polisi dan pekerja di bidang konstruksi perempuan.

Selain itu juga dari versi laki-laki penari, pemotong rambut dan orang yang melakukan pemijitan.

Apple juga mengeluarkan gambar bendera pelangi, menggambarkan dukungan Apple terhadap pernikahan sesama jenis.

"Apple bekerjasama erat dengan Unicode Consortium guna memastikan karakter emoji yang popular ini menggambarkan keanekaragaman manusia di manapun," kata perusahaan tersebut.

Usaha tersebut ini dibuat guna memastikan seluruh karakter dan simbol ini menggambarkan berbagai orang yang menggunakan telepon pintar (smartphones). Versi iOS 9.1 yang dikeluarkan akhir tahun lalu, membuka berbagai opsi baru diantaranya emoji dengan berbagai perbedaan warna kulit.

Dan juga dalam rilis terbaru ini, juga dikeluarkan emoji pistol, yang sekarang berupa gambar pistol air berwarna hijau, dan bukannya lagi gambar pistol yang tampak seperti senjata api sebenarnya.

Diterjemahkan pukul 14:29 AEST 2/8/2016 oleh Sastra Wijaya. Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini