ABC

ELL: Tips Melafalkan Kata dengan Benar

Tahukah Anda mengapa kata-kata dalam Bahasa Inggris tidak diucapkan sebagaimana pengejaannya? Seberapa pentingnya penekanan kata ketika kita berbicara? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih jauh mengenai pentingnya pelafalan.

Mengapa penting melafalkan kata-kata dalam Bahasa Inggris secara benar?

  • Jika anda bisa melafalkan dan mengungkapkan diri anda dalam Bahasa Inggris, anda akan memiliki kesempatan bekerja yang lebih baik di masa depan.
  • Akan sangat mengesalkan jika anda tidak bisa menyampaikan pesan anda hanya karena anda tidak bisa melafalkan kata-kata dengan benar.
  • Anda tidak ingin menyinggung seseorang hanya karena anda tidak bisa melafalkan kata-kata secara benar.
  • Orang ingin mendapat nilai yang baik dalam ujian Bahasa Inggrisnya dan pelafalan merupakan komponen yang penting dalam tes ini.

Seberapa pentingnya penekanan suku kata dalam Bahasa Inggris?
Dalam Bahasa Inggris kita mengekspresikan emosi dengan cara menaikkan atau menurunkan intonasi. Dengan menggunakan penekanan pada kata-kata tertentu kita bisa menunjukan penekanan. Misalnya.

Namun demikian, jika anda mengatakan 'hey itu sangat hebat sekali', dengan menggunakan nada suara yang datar, bisa jadi malah terdengar negatif. Itu bisa juga membingungkan orang yang mendengarkan anda.
Juga, berbicara dengan cepat tidak selalu lebih baik, kita harus melambatkan dan mengucapkan setiap kata dengan pelafalan yang benar.
Apa kata dalam Bahasa Inggris yang umumnya salah dilafalkan?
Kata-kata yang memiliki suara yang sangat sulit seperti 'strengths'. Suara 'th' sulit sekali dilafalkan dalam Bahasa Inggris terutama jika suaranya tidak seharusnya ada dalam bahasa utama penutur.
Ada juga huruf yang tidak ada suaranya atau disenyapkan seperti: subtle (huruf 'b' disenyapkan) dan kata island ('s' didiamkan). juga 'k' disenyapkan jika katanya diawali dengan 'kn'.
Menggunakan kamus online adalah cara yang bagus untuk membantu anda mempelajari bagaimana melafalkan kata-kata dalam Bahasa Inggris dengan benar. Kebanyakan kamus biasanya memiliki fungsi audio dimana anda bisa mendengarkan pelafalan sebuah kata.
Mengapa kata-kata dalam Bahasa Inggris dilafalkan sama dengan cara kata itu dieja?
Ada banyak kata yang dipinjamkan atau kata pinjaman. Kita memiliki kata seperti 'karaoke' dari Bahasa Jepang atau 'tofu' dari Bahasa China. Sejarah dari Bahasa Inggris amat menarik. Di masa lalu, Bahasa Inggris meminjam kata dari Bahasa Latin, Yunani dan Perancis dan hingga kini kata itu masih ada dalam Bahasa Inggris. Jadi kata-kata mengikuti pelafalan dalam bahasa aslinya.
Misalnya 'champagne' dipinjam dari Bahasa Perancis dan kita mengucapkannya berbeda dengan kata itu dituliskan atau dieja. Sebagai hasilnya, sulit untuk mengikuti pengejaan dalam Bahasa Inggris dan melafalkannya sesuai dengan ejaan penulisanya.
Simak pelajaran Bahasa Inggris sehari-hari dan berbagai tips mempelajarinya dengan bergabung dan me-like Learn English Facebook page kami.