ABC

ELL: Saran dan Tips Pelajar Internasional Soal Penggunaan Bahasa Inggris di Australia

Menuntut ilmu di perguruan tinggi bisa jadi sangat berbeda dengan menuntut ilmu di sekolah. Beberapa mahasiswa mungkin mengalami tantangan ketika belajar di negara asing karena harus menggunakan Bahasa yang tidak biasa bagi mereka.
Australia Plus berbicara dengan sejumlah mahasiswa University of Technology Sydney (UTS) dari Indonesia, China, India dan Birma mengenai penggunaan Bahasa Inggris ketika menuntut ilmu di Australia. Inilah tips mereka mengenai penggunaan Bahasa Inggris untuk keperluan akademik, penulisan esai, memulai percakapan dengan para penutur asli Bahasa Inggris dan menggunakan Bahasa Inggris di luar perkuliahan.

Johana Luhur dari UTS
Johana Luhur adalah mahasiswi Diploma Sains di UTS INSEARCH.

Supplied

Johana Luhur dari Surabaya

Esai merupakan penugasan yang umum di universitas di Australia. Johana berbagi sarannya mengenai cara meminta bantuan dalam menulis esai.

"Saya biasanya bertanya kepada dosen jika tidak yakin apa yang harus dilakukan. Esai memiliki struktur tertentu yang berbeda dari penulisan lainnya seperti laporan.”

"Esai merupakan jenis penulisan yang menggunakan Bahasa Inggris untuk kepentingan akademik, sehingga perlu memahami konsep dan gaya penulisan agar dapat menulis dengan baik. Terlebih lagi, saya akan melakukan sejumlah riset di internet untuk memperluas pemahaman dan pengetahuan saya.”
- Johana

Jaydon Zhang from UTS
Jaydon Zhang saat ini sedang mempelajari Ilmu Komunikasi di UTS.

Supplied

Jaydon Zhang dari Beijing

Universitas-universitas di Australia sering menyediakan layanan tambahan untuk membantu mahasiswa memperbaiki kemampuan menulis mereka.

Perpustakaan universitas juga merupakan tempat yang baik memperoleh buku-buku untuk membantu para mahasiswa mencapai kemampuan Bahasa Inggris yang diperlukan bagi perguruan tinggi.

"Saya selalu mencari di katalog perpustakaan untuk buku-buku mengenai tata bahasa, yang dapat membantu memperbaiki masalah tata bahasa saya dalam menulis esai. Jika tidak memahami makna dari sejumlah buku professional, saya juga bertanya kepada staf perpustakaan untuk mendapatkan bantuan.”
- Jaydon

Tehsin Mansuri dari UTS
Tehsin Mansuri (kiri) adalah mahasiswa Diploma Sains di UTS INSEARCH.

Supplied

Tehsin Mansuri dari Ahmedabad

Jika berkaitan dengan menghadiri perkuliahan, Tehsin memahami tantangan menjadi mahasiswa internasional dan berbicara Bahasa Inggris dengan penutur asli Bahasa Inggris.
"Sebagai mahasiswa internasional anda mungkin merasa malu dengan aksen, tingkat kefasihan, pelafalan atau kemampuan menyusun kata-kata secara benar. Namun demikian, setiap percakapan akan membantu memperbaiki kemampuan berbahasa anda. Sebuah kutipan yang saya ingat adalah ‘'kesalahan merupakan guru terbaik’. Jadi saya tidak takut melakukan kesalahan!" kata Tehsin.
Dia memiliki sejumlah tips untuk berbicara dengan penutur Bahasa Inggris asli.

"Langkah 1: ambil inisiatif
Langkah 2: Mulailah percakapan dengan bersikap ramah dan menanyakan nama dan sedikit tentang latar-belakang mereka.
Langkah 3: Bergaulah dengan mereka selama istirahat kelas, berbagi pandangan dan gagasan mengenai topik-topik terkini dan bersenang-senanglah. Dari pengalaman saya, menjadi sedikit lucu sangat membantu untuk memulai dan menjaga hubungan yang baik dengan warga lokal.”

- Tehsin

Jasmine Jauw dari UTS
Jasmine Jauw merupakan mahasiswa Ilmu Yayasan dari UTS.

Supplied

Jasmine Jauw dari Jakarta

Jika ingin mengawali sebuah percakapan, Jasmine berbagi sejumlah gagasan mengenai apa yang dapat anda katakan:

"Saya akan mulai dengan pertanyaan yang dasar atau umum yang akan membantu kita berdua saling mengenal satu sama lain. Seperti ‘dari mana anda berasal?’ atau ‘apa hobi anda?’ Saya senang mengajukan beragam pertanyaan sehingga bisa menemukan ketertarikan yang sama. Dengan demikian saya dapat memiliki banyak teman dari berbagai negara.”
- Jasmine

Sueshe Htet Htet Tun from UTS
Sueshe Htet Htet Tun saat ini sedang mempelajari Bisnis di UTS.

Supplied

Sueshe Htet Htet Tun dari Taunggyi, Myanmar

Di luar waktu perkuliahan, Sueshe mengatakan ada beberapa cara untuk melatih Bahasa Inggris ketika menuntut ilmu di Australia:

"Saya mau sarankan melatih [kemampuan berbahasa] dalam rutinitas sehari-hari merupakan cara paling efektif untuk memperbaiki bahasa. Bercakap-cakaplah dengan penutur Bahasa Inggris, dan dengarkan serta pelajari bagaimana mereka berbicara. Simak berita di TV, tonton film berbahasa Inggris tanpa terjemahan dan dengarkanlah lagu-lagu dalam Bahasa Inggris.”
- Sueshe

Simak Pelajaran Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari dan tips lainnya dengan bergabung di  Learn English Facebook page.