ABC

ELL: Metode Favorit Mempelajari Bahasa Inggris

Menonton film berbahasa Inggris, membaca artikel berita dan mendengarkan program Bahasa Inggris di radio merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mempelajari Bahasa Inggris. Berikut cara sejumlah anggota komunitas Australia Plus Learn English mempelajari Bahasa Inggris.

Ahmed dari Palestina:

"Saya senang dengan cara Bahasa Inggris terdengar di telinga. Saya suka dengan cara bahasa ini bisa menjadi bahasa internasional dibandingkan dengan bahasa lainnya. Bahasa Inggris digunakan di seluruh dunia, juga digunakan di beberapa bidang kehidupan seperti pendidikan, pekerjaan dan komunikasi. Ini bahasa yang hebat. semua orang yang berharap bisa menjadi profesional di bidangnya harus menguasai bahasa ini."

Nguyen Ngoc:

Nguyen Ngoc dari Vietnam
Nguyen Ngoc dari Vietnam

Supplied

"Nama saya Ngoc. Saya 34 tahun. Saya berasal dari Vietnam tapi saya bekerja di Yangon. Di Vietnam, Bahasa Inggris bukan bahasa utama sehingga kami tidak terbiasa menggunakannya. Saya belajar Bahasa Inggris dengan menonton berita dan film. sebagai insinyur, saya biasa memperbaharui pengetahuan saya dengan membaca katalog atau data teknis dari pabrik dalam Bahasa Inggris. Saya senang Bahasa Inggris karena ini bahasa global yang bisa gunakan hampir dimana pun. Dengan mengatakan ”hello”, saya bisa bersahabat dengan orang asing. Ini adalah foto saya (sebelah kanan) dengan teman saya.

Sheangphak Meng:

Sheangphak Meng
Sheangphak Meng.

Supplied

"Saya membaca berita dalam Bahasa Inggris setiap hari, saya membuka kamus dan mempelajarinya melalui akun Australia Plus English Learning juga. Saya mempelajari kosa kata baru untuk memperbaharui pengetahuan saya.

Terkadang saya berbicara dalam Bahasa Inggris sendiri dengan teman dan mendengarkan Bahasa Inggris. Bahasa ini penting karena di dunia, kita menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi satu sama lain."

Monalisa Hashim dari Malaysia:

Monalisa Hashim dari Malaysia
Monalisa Hashim dari Malaysia

Supplied

"Halo semua, saya Monalisa dari Malaysia. Saya selalu belajar Bahasa Inggris dengan mendengarkan stasiun radio dan menonton film. saya membaca terjemahannya kemudian mempraktekannya.

Ghulam Murtaza:

Ghulam Murtaza
Ghulam Murtaza.

Supplied

"Saya menggunakan banyak metode untuk belajar Bahasa Inggris seperti membaca surat kabar berbahasa Inggris, menonton banyak film berbahasa Inggris, membaca cerita dalam Bahasa Inggris. Berbicara dengan teman internasional dan menggunakan salah satu halaman favorit saya di Facebook yakni Australia Plus Learn English.

Saya memilih satu topik setiap pekan dan juga memberitahu teman saya mengenai topik itu. Kami melakukan percakapan di grup setiap minggu malam untuk membicarakan topik itu.

Saya sangat senang dengan Bahasa Inggris, karena saya bisa belajar dari buku Bahasa Inggris. Semua orang tahu kalau ada banyak buku yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Bahasa Inggris penting di seluruh dunia untuk mempelajari banyak hal secara internasional.

Shadman Sakib:

Shadman Sakib
Shadman Sakib.

Supplied

"Saya lebih memilih mendengarkan, karena cara ini secara otomatis akan meningkatkan kemampuan mendengarkan kita, membangun penguasaan kosa kata, akesn, dan kefasihan bahasa, gaya berbicara, variasi tata bahasa, frasa dan lain sebagainya.

Penutur bahasa asli juga mulai mempelajari Bahasa Inggris dengan mendengarkan anggota keluarga mereka dan mendengarkan kerumunan orang disekelilingnya berbicara.

Saya menonton film berbahasa Inggris yang ada terjemahannya, acara talkshow, berita dan mendengarkan lagu kesukaan saya

Hal lain yang sering juga saya lakukan adalah memberi topik tertentu pada diri sendiri dan ambil waktu 10-12 menit untuk menuliskan topik itu dan saya pikir cara ini telah berhasil meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris saya dengan cepat.

Pelajaran Bahasa Inggris sehari-hari dan tips mempelajarinya bisa disimak disini.