ABC

ELL: Mengungkapkan Perasaan dalam Bahasa Inggris

Jika anda sedang 'feeling blue' atau 'worried', Anda mungkin membutuhkan bantuan sehingga anda bisa menjaga ‘mental health' anda. Pekan ini merupakan Pekan Kesehatan Mental di Australia. Jadi mari ketahui apa arti dari kata-kata tersebut.

‘Mental health’ merujuk pada cara anda berpikir mengenai diri anda sendiri dan hal-hal disekitar anda. Ini penting untuk menjaga kesehatan mental anda.

Anda bisa merasa ‘happy/bahagia’ dan ‘excited/bersemangat’. Ini merupakan perasaan yang positif.
Anda juga bisa merasa ‘sad/sedih’, ‘worried./khawatir’, ‘angry/marah’, ‘disgusted/jijik’ dan ‘frightened/ketakutan’. Ini merupakan perasaan yang negatif.
Jika anda tidak merasa baik, anda bisa mulai berbicara dengan teman dan mengatakan:

Akan membantu juga jika anda berusaha dan memikirkan mengapa anda merasa seperti ini. Mungkin itu karena sesuatu yang anda lakukan atau sesuatu yang tidak anda lakukan. Atau sebuah perubahan didalam hidup anda yang itu berarti anda melakukan sesuatu yang baru untuk pertama kalinya. Anda bisa mengatakan:

Berada sendirian di negara baru atau pergi ke sekolah baru merupakan contoh yang sama dari perubahan dalam kehidupan anda yang bisa membuat anda mengalami perasaan negatif dan mempengaruhi kesehatan mental anda.

Jika anda merasa 'feeling blue', itu dapat berarti anda merasa sedih atau depresi.

Ingat, tidak mengapa untuk meminta pertolongan dengan berbicara pada teman mengenai hal itu atau menemui dokter jika anda 'feeling blue' atau merasa sedih.

A happy person (Seseorang yang bahagia)
A happy person (Seseorang yang bahagia)

Unsplash CC: Brooke Cagle

Berikut apa yang bisa anda katakan ketika perasaan anda sudah lebih baik:

Bahasa Inggris sehari-hari dan tips mempelajarinya bisa dikuti disini.