ABC

ELL: Membicarakan Tempat-tempat Favorit dalam Bahasa Inggris

Pelajaran Bahasa Inggris kali ini membahas sejumlah kata sifat dan bagaimana menggambarkan secara efektif tempat-tempat favorit seperti taman, pantai atau tempat-tempat lainnya.

Kata sifat dapat digunakan untuk memberikan lebih banyak informasi mengenai suatu kata benda. Menggunakan kata sifat untuk membicarakan mengenai tempat favorit, dapat membantu pendengar memiliki gambaran yang lebih baik mengenai apa yang sedang anda bicarakan.

"The Sydney Harbour is so beautiful and peaceful. Yet if you walk on the bridge, you will notice the place is bustling. I love this contrast."(Sydney Harbour sangat indah dan damai. Namun jika anda berjalan kaki di jembatan itu, anda akan menyadari kalau tempat itu sangat ramai. Saya sangat suka situasi kontras ini.”)

Kata sifat seperti 'beautiful', 'peaceful' dan 'bustling' membantu dalam memberikan informasi lebih banyak mengenai tempat itu bagi pendengar.

Myponga reservoir, SA
Myponga reservoir.

Supplied by Rehany Mooy

Kata 'beautiful' adalah kata sifat yang umum digunakan untuk membicarakan sesuatu yang enak untuk dilihat.

"We once visited a beautiful place called Myponga Reservoir in South Australia." (Kami pernah mengunjungi tempat indah yang disebut Myponga Reservoir di Australia Selatan.”)

Kita juga dapat menggunakan kata ‘beautifull’ untuk menggambarkan mengenai bagaimana orang lain tampil, terlihat atau kepribadian mereka.

"He is a beautiful person. He is so kind and generous." ("Dia orang yang sangat baik. Dia begitu baik dan dermawan.")

Perhatikan contoh berikut:

"My favourite restaurant is beside one of the amazing coastal walking tracks that stretch along Perth's coastline." (Restoran favoritku terletak di samping salah satu jalur jalan kaki di pesisir yang terentang di sepanjang garis pantai di Kota Perth.”)

Kata 'amazing' dan 'coastal' adalah kata sifat. Keduanya memberitahu kita lebih banyak mengenai jalur berjalan kaki.

Dengan membaca kalimat di atas, kita tahu kalau jalur berjalan kaki itu berada di sepanjang pesisir dan pemandangannya sangat luar biasa.

Perhatikan bahwa kata sifat cenderung diletakkan sebelum kata benda. Mereka juga bisa diletakan setelah kata kerja 'to be'.

The Blue Mountains
The Blue Mountains near Sydney in NSW.

Flickr: Paul D'Ambra

Perhatikan juga kalimat berikut dari Slava Vlasov, seoang anggota dari Learn English community:

"I think that nature is beautiful in all its forms." ("Menurut saya alam itu indah dalam segala macam bentuknya.")

Bagaimana kita bisa meningkatkan kalimat itu dengan menggunakan kata sifat sehingga dapat memberikan lebih banyak informasi?

"I think that nature is beautiful in all its forms. I enjoy the wonderful landscapes as well as the fantastic views I see when I go for walks." (Menurut saya alam itu indah dalam segalam macam bentuknya. Saya menikmati lansekap yang indah begitu juga dengan pemandangan luar biasa yang saya saksikan ketika berjalan-jalan.”)

Kata 'wonderful' dan 'fantastic' adalah kata sifat lain yang digunakan di sini yang memberikan lebih banyak informasi. Mereka dapat digunakan ketika kita ingin mengatakan sesuatu itu luar biasa baik.

'Breathtaking', 'stunning' dan 'well-known' adalah contoh dari kata sifat yang dapat kita gunakan untuk menggambarkan sebuah tempat.

'Breathtaking' dapat juga digunakan unutuk membicarakan sesuatu yang sangat cantik.

"I'm here at Sydney Harbour and, as you can see behind me, the view is just breathtaking." (Saya berada di Sydney Harbour dan seperti anda lihat di belakang saya, pemandangannya luar biasa cantik.”)

"The Sydney Opera House is situated against the stunning backdrop of Sydney Harbour." (Gedung Opera Hourse Sydney memiliki latar belakang Sydney Harbour yang menakjubkan.")

The Sydney Harbour Bridge in silhouette against a blue sky
The Sydney Harbour Bridge.

ABC

'Well-known' dapar mengacu pada sesuatu yang sudah dikenal secara luas.

"The Sydney Harbour Bridge is one of Australia's most well-known landmarks. It is the world's largest steel arch bridge, with the top of the bridge standing 134 metres above the harbour." (Jembatan Sydney Harbour Bridge merupakan salah satu landmark paling terkenal di Australia. Ini merupakan jembatan lengkung baja terbesar di dunia, dengan bagian atas jembatan berdiri setinggi 134 meter di atas pelabuhan.")

Menggunakan kata sifat 'largest' memberi indikasi ukuran dari jembatan.

'Scenic' adalah kata sifat lain yang sering digunakan dan dapat digunakan untuk membicarakan mengenai suatu tempat yang memiliki pemandangan alam atau fitur-fitur alami.

"You can take a scenic boat ride through the harbour to enjoy the views." (Anda bisa mengendarai perahu yang penuh pemandangan indah melalui pelabuhan untuk menikmati pemandangannya.”)

Nguyễn Phước dari Learn English community menggunakan kata sifat 'beautiful' dan 'scenic' untuk menggambarkan Australia:

"Australia is a very beautiful country and Sydney is so scenic! I love it so much and I really want to go there." ." (Australia adalah negara yang sangat indah dan Sydney sangat indah pemandangannya. Saya sangat menyukai kota itu dan saya sangat ingin pergi ke sana.”)

Ikuti pelajaran Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari dan berbagai tips lainnya dengan bergabung di Learn English Facebook page