ABC

ELL: Makna dan Penggunaan Kata “Weather’

Panas (hot) atau dingin (cold), terik (sunny) atau berangin (windy)? Cuaca mempengaruhi kita semua. Mari kita perhatikan lebih rinci beberapa kata yang kita gunakan untuk membicarakan mengenai cuaca dan musim.

Kata 'weather' mengacu ke kondisi-kondisi di udara diatas bumi.

Ini menentukan suhu-suhu dan kondisi-kondisi yang dialami dalam sebuah tempat yang khusus.

Lightning
Lightning in the sky (kilat di langit)

ABC Open: James Curry

Kata 'weather forecast' adalah sebuah perkiraan dari apa yang cuaca akan seperti apa sepanjang hari itu. Ini dilakukan oleh seorang 'meteorologist' — sorang pakar mengenai pola-pola cuaca.

"Check the weather forecast before heading out so you don't get caught in the rain." ("Periksa perkiraan cuaca sebelum pergi sehingga anda tidak akan terjebak dalam hujan.")

Kata 'temperature' mengacu pada kondisi bagaimana panas atai dingin sebuah tempat atau benda. Kita biasanya mengukur suhu atau tempetur dalam satuan derajat Celsius dan menggunakan simbol '°C' untuk mengindikasikan ini.

"When the temperature goes over 30°C, I go to the beach for a swim." (Ketika suhu/temperatur melampaui 30°C,, saya pergi ke pantai untuk berenang.")

Ada empat musim dalam setahun di Australia  — musim panas (summer), musim gugur (autumn), musim dingin (winter) dan musim semi (spring).

'Summer' mengacu pada bagian yang paling panas sepanjang tahun tersebut. Di Australia, waktu ini berlangsung antara Desember dan Februari.

'Autumn' jatuh diantara musim panas dan musim dingin. Pada musim-musim ini daun-daun berguguran dari pohon-pohon ini, sehingga taman-taman akan ditutupi oleh dedaunan. Di Australia, musim gugur berlangsung dari Maret hingga Mei.

Snowman
A snowman (manusia salju).

Pixabay CC

'Winter' adalah bagian terdingin sepanjang tahun.

Terkadang kita mungkin akan mengalami hari-hari hujan dan berangin.

Jika hari-hari hujan turun tiada henti, kita bisa mengatakan itu 'rainy day'. Ketika pada hari itu angin bertiup kencang, kita bisa mengatakan itu adalah 'windy day'.

Di Australia, musim dingin berlangsung mulai dari Juni hingga Agustus.

Selama musim dingin, kita mengalami turun salju di beberapa tempat di Australia. dan tentu saja ini adalah kesempatan buat kita untuk membangun manusia salju (snowman)!

'Spring' adalah waktu dimana pada musim itu diawali dengan sedikit hangat dan bunga-bunga mulai bermekaran.

Mulai dari bulan September hingga November, anda bisa melihat bunga-bunga yang cantik di Australia.

Betikut adalah satu cara untuk membicarakan tentang cuaca dengan menggunakan 4 musim:

"My favourite season is summer because it's not cold like winter. It's the best time to enjoy the outdoors, but it can get too hot at times. ("Musim favorit saya adalah musim panas karena suhunya tidak dingin seperti musim dingin. Ini merupakan waktu yang terbaik untuk menikmati luar ruangan, tapi terkadang bisa jadi suhunya menjadi sangat panas.")

Spring comes right after winter and all the flowers are in full bloom. (Musim semi datang tepat setelah musim dingin dan seluruh bunga-bunga bermekaran.)

Autumn is beautiful too, but it's a reminder that winter is around the corner, so it's best to enjoy that period before the chilly winds hit you." ("Musim gugur itu sangat indah juga, tapi musim gugur merupakan sebuah peringatan kalau musim dingin sudah sangat dekat, jadi ini menjadi cara terbaik untuk menikmati waktu-waktu ini sebelum anda terjebak dalam musim dingin.)

Ikuti pelajaran Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-sehari dan berbagai tips lainnya dengan menykai  Learn English Facebook page.