ABC

ELL: Lima Cara Meningkatkan Sendiri Kemahiran Berbahasa Inggris

Mempelajari Bahasa Inggris secara otodidak bisa menjadi sebuah tantangan tapi itu sangat mungkin dilakukan. Ada banyak cara anda dapat meningkatkan kemampuan membaca, mendengarkan dan berbicara anda – meskipun tidak ada orang yang secara fisik hadir disekitar anda untuk membantu anda berlatih.

Virginia Lang, seorang guru Bahasa Inggris di Australia, berbagi tips untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anda secara otodidak:

1. Letakan label di sekitar rumah anda

Apakah itu tata Bahasa (grammar) atau kosakata (vocabulary), mengingat-ingat merupakan bagian dari mempelajari Bahasa Inggris.  Mengingat dapat menjadi hal yang sulit dan membosankan, sehingga Virginia Lang memiliki sejumlah solusi kreatif bagi para siswa.

Bahasa Inggris memiliki sejumlah aturan tata bahasa, yang mana para siswa sering kali sulit untuk mengingatnya.

"Anda dapat menempatkan label-label itu ditempat anda kemungkinan akan menghabiskan banyak waktu – kemungkinan di kamar mandi atau di ruang tidur- dimana anda dapat mengingatkam diri anda sendiri mengenai aturan-aturan dalam tata Bahasa itu,” kata Virginia.

Nine blank yellow post-it notes
Anda dapat menuliskan kosakata dan aturan tata bahasa di post-it notes dan meletakannya di sekitar rumah anda.

Unsplash CC: Kelly Sikkema

2. Mulai membuat blog

Memulai sebuah blog atau sebuah jurnal dapat menjadi cara yang sederhana (dan gratis) untuk mengembangkan kemampuan menulis anda.

Begitu anda mulai nyaman dengan tugas menulis yang kecil, seperti sebuah keterangan foto, anda dapat berpindah ke kalimat-kalimat dan kemudian diharapkan menjadi beberapa paragraph.

Virginia juga menyarankan anda mencari cara untuk mengoreksi atau mengedit tulisan Anda: "Anda bisa menggunakan spellcheck, Anda dapat memeriksanya sendiri, Anda bisa mendapatkan penutur bahasa Inggris lainnya untuk membantu Anda.”

A hand on a computer mouse, next to a computer keyboard and mug
Anda dapat memulai sebuah blog anda sendiri dan meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris anda pada saat yang bersamaan.


3. Ubah pengaturan ponsel anda

Kita semua menggunakan ponsel dan perangkat lainnya (seperti laptop atau komputer) beberapa kali dalam sehari.

Virginia menyarankan siswa untuk mengubah pengaturan Bahasa utama pada perangkat dan aplikasi mereka ke bahasa Inggris.

"Ini akan membantu Anda untuk memperbaiki kemampuan anda lebih cepat," papar Virginia.

Smiling woman holding a smartphone
Apakah anda masih bisa menggunakan app di ponsel anda jika seluruhnya menggunakan bahasa Inggris?

Unsplash CC: Rawpixel


4. Membaca hal yang menarik

Membaca adalah sebuah keterampilan penting dan itu juga membantu kemampuan menulis. Untuk mempertahankan pembelajaran Anda, Virginia merekomendasikan untuk menghubungkan bacaan dengan hasrat Anda.

Saat Anda membaca, lakukan secara aktif dan pertimbangkan alat yang bisa Anda gunakan saat membaca.

"Beri garis berwarna atau Highlighter sangat bagus untuk menyoroti kata-kata baru yang tidak Anda ketahui. Miliki kamus online yang bagus atau dapatkan kamus kertas yang bagus saat Anda membaca, jadi Anda bisa memeriksa definisi dan memasukkannya ke memori juga," saran Virginia.

Tangan memegang majalah dalam keadaan terbuka
Bacalah artikel dan majalah dalam Bahasa Inggris mengenai topik yang menarik bagi anda.

Unsplash CC: Blair Fraser


5. Menulis kesimpulan

Mendengarkan podcasts dan menonton video dan televisi dalam bahasa Inggris adalah cara yang bermanfaat untuk memperbaiki bahasa Inggris Anda sendiri. Virginia merekomendasikan untuk memperluas pembelajaran Anda dengan menuliskan atau mengatakan dengan keras kesimpulan dari apa yang telah Anda dengar atau tonton.

Seated man with laptop and drink looking at his phone
Jika anda sudah menonton video dan mendengarkan audio, mengapa tidak mencoba untuk merangkum informasi yang baru saja anda dapatkan dari kegiatan itu?

Unsplash CC: Muhammad Raufan Yusup

Learn English Hacks adalah serial siaran langsung di Facebook yang menampilkan guru-guru di Australia dimana mereka akan mengupas tantangan yang dihadapi mereka yang belajar Bahasa Inggris dan bagaimana menyikapinya. untuk informasi selengkapnya, kunjungi Learn English Facebook page.