ABC

ELL: Kata-kata Serapan dalam Bahasa Inggris

Apakah Anda mengira Bahasa Inggris itu bahasa asing? Pikir lagi! Bahasa Inggris banyak menyerap kata-kata dari seluruh dunia. Mari telusuri asal dan makna dari beberapa kata serapan ini.

"Dilihat dari sejarah, beberapa kata dalam bahasa Inggris ternyata diambil atau diserap dari bahasa lain"
Bahkan faktanya, anda mungkin pernah mendapati satu atau dua kata yang terdengar serupa dengan sesuatu dari bahasa anda sendiri.
Bahasa Inggris awalnya menyerap kata-kata dari Bahasa Latin dan Bahasa Perancis.
Misalnya, ‘oxygen’ diserap dari Bahasa Perancis. ‘Oxygen’ adalah elemen kimia dan sebuah gas yang ditemukan di udara yang kita hirup.

Pirate
Pirate.

Flickr CC: Jenn and Tony Bot

‘Per’ adalah sebuah kata yang berasal dari Bahasa Latin. Kata ini bermakna 'for each (untuk setiap atau masing-masing)'.

Kata ini juga bisa digunakan untuk mengatakan 'according to (menurut atau sesuai dengan)'.

Sering kali kata-kata serapan ini di 'anglicised’, artinya mereka diubah agar lebih terdengar seperti Bahasa Inggris. Namun demikian artinya tetap sama di kedua bahasa.
‘Loot’ merupakan salah satu kata yang berasal dari Bahasa Hindi tapi telah diserap oleh Bahasa Inggris.
Sebagai kata benda, kata ‘loot’ merujuk pada uang atau barang berharga yang telah dicuri.

‘Loot’ dapat juga digunakan sebagai kata kerja. Kita biasanya menggunakan kata ini untuk membicarakan tentang sejumlah besar orang yang mencuri barang-barang berharga dari rumah-rumah atau toko, seperti selama kerusuhan atau perang.

'Opera' adalah sebuah kata dalam Bahasa Inggris yang berasal dari Bahasa Italia. Kata ini merujuk pada satu jenis pertunjukan dimana kata-kata dinyanyikan dan music dimainkan oleh orchestra.

‘Opera’ dapat juga merujuk pada sebuah acara dimana pertunjukan sejenis ini berlangsung.

Boomerang
Boomerang

Flickr CC: Sebastian Hoffmann

'Boomerang (bumerang)' dan 'kangaroo (kangguru)' adalah kata-kata dalam Bahasa Inggris yang diserap dari bahasa warga pribumi Australia.

Kata ‘boomerang’ adalah alat dari kayu berlekuk dan pipih yang bisa dilemparkan dengan cara tertentu dimana alat itu nantinya akan kembali ke pelemparnya.
‘Kangaroo’ adalah binatang Australia yang bergerak dengan cara melompat dengan kaki belakang dan buntutnya.
Bahasa Inggris juga mendapat pengaruh dari Bahasa Arab (kata-kata 'sugar (gula)' dan 'coffee (kopi)') dan Bahasa Spanyol (kata-kata serapan dari Bahasa Spanyol antara lain 'cargo/kargo' dan'cafeteria/cafetaria').
Kata serapan dari Bahasa Jepang telah menjadi semakin umum dalam kurun waktu 100 tahun terakhir dan kata-kata seperti ‘karate’ dan ‘tsunami’ sekarang telah menjadi bagian umum dari percakapan dalam Bahasa Inggris.
Mari simak pelajaran Bahasa Inggris sehari-hari dan tips lainnya dengan bergabung dalam komunitas Learn English Facebook.