ABC

ELL: Kata-kata Seputar Langit dan Luar Angkasa

Apakah anda tahu perbedaan antara kata 'astronomy' dan 'astrology'? Pernahkan anda mengunjungi 'an observatory'? Mari pelajari kata-kata yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan mengenai angkasa dan luar angkasa!

Kirsten Banks, adalah seorang dosen astronomi dan mahasiswa fisika, menjelaskan makna dari kata-kata yang kita dapat gunakan untuk membicarakan mengenai luar angkasa.

'Astronomy' atau 'astrology'?

'Astronomy' dan 'astrology' terlihat sedikit mirip tapi ada perbedaan signifikan diantara kedua kata tersebut.

Kirsten Banks, dosen astronomi dari observatorium Sydney berdiri disisi sebuah teleskop
Dalam pelajaran ini, Kirsten Banks, dosen astronomi di observatorium Sydney, menggambarkan makna dari kata-kata yang berkaitan dengan luar angkasa.

ABC News: Lisa Clarke

"Ketika kita melihat ke angkasa, bagaimana sebenarnya benda-benda bergerak? apa yang membuat mereka bergerak? Dan apa yang terbuat dari ruang angkasa? secara sederhana, astronomi adalah mengenai cara memandang angkasa dan bagaimana cara kerja hal-hal yang berada di angkasa," kata Kirsten Banks.

"Astrology' adalah keyakinan kalau posisi dari matahari dan planet-planet dan juga bulan di angkasa memiliki semacam peran dalam kepribadian seseorang."

Astrofisika

Kirsten saat ini sedang mendalami ilmu fisika di universitas dan mulai mempelajari mengenai 'astrophysics' atau astrofisika.

"Astrofisika adalah cabang dari ilmu fisika. Fisika adalah istilah yang lebih umum dari segala sesuatu dan apapun. Kita bisa berbicara mengenai fisika dari angkasa, fisika bumi atau fisika dari duduk di sebuah bangku. Fisika adalah batang utama dari sebuah pohon dan astrofisika adalah cabang dari batang pohon tersebut," papar Kirsten.

Konstelasi

Bendera kebangsaan Australia
Konstelasi dari 5 bintang di sisi kanan bendera Australia dikenal sebagai 'Southern Cross'.

Salah satu konstelasi yang paling dikenal di Australia, adalah the Southern Cross, yang digambarkan di dalam bendera nasional Australia.

"The Southern Cross adalah konstelasi dari 4 bintang, Ketika dihubungkan secara keseluruhan, mereka membentuk bentuk salib. Didalam astronomi barat, konstelasi ini dikenal sebagai konstelasi salib... konstelasi ini dapat dilihat dari seluruh Australia."

Observatorium

Kirsten adalah staf pengajar dan pemandu wisata di Observatorium Sydney. Observatorium ini memiliki teleskop dimana dengan alat ini anda dapat melihat bulan dan planet-planet pada masa waktu yang berbeda pada hari itu.

The exterior wall and roof of Sydney Observatory with tree branches on either side
Observatorium Sydney dibangun pada tahun 1858 dan merupakan sebuah situs bersejarah yang terletak tidak jauh dari Sydney Harbour.

ABC News: Lisa Clarke

Ikuti pelajaran Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari dan berbagai tips lainnya dengan bergabung bersama Learn English Facebook page.