ABC

ELL: Enam Fakta Seputar Aksen Orang Australia

Bagaimana aksen Australia ‘bermula’? Apakah aksen Australia dipengaruhi oleh media Amerika? Apakah aksen Australia di Perth terdengar berbeda dengan aksen Australia di Sydney? Berikut adalah enam fakta mengejutkan tentang aksen Australia.

Australia diperkirakan memiliki lebar kawasan sekitar 4000 kilometer. Namun, terlepas dari jarak yang signifikan antara pantai timur dan barat ini, hanya terdapat sedikit perbedaan regional dalam hal aksen Australia. Ini tidak biasa karena di negara-negara berbahasa Inggris lainnya, seperti Amerika Serikat dan Inggris Raya, ada perbedaan regional yang signifikan dalam aksen lisan mereka.

Dua akademisi Australia, Profesor John Hajeck dari Universitas Melbourne dan Dr. Lauren Gawne dari Universitas La Trobe, berbicara kepada RN Drive mengenai aksen Australia ini.

Aksen Australia terdengar sama di berbagai wilayah

"Saya pikir (aksen) kita secara menakjubkan terdengar konsisten mengingat betapa luasnya negara ini dan berapa banyaknya jarak  ruang di antara ibu kota dan kota-kota regional," kata Dr Gawne.

Menurut Profesor Hajeck, ada beberapa alasan untuk ini:

"[Australia] relatif masih baru-baru ini dihuni oleh orang Eropa, sekitar 200 tahun, sedangkan Inggris jelas ribuan tahun. AS dan Kanada telah lama menetap dengan baik sebelum orang Inggris tiba di Australia untuk menanamkan bahasa Inggris di sini.

Profesor Hajeck juga mengatakan bahwa pendidikan universitas massal dan media nasional memainkan peran dalam aksen Australia yang terdengar konsisten di berbagai daerah.

Perbedaan aksen Australia adalah karena kelas, bukan geografi

"Cara tradisional dalam mengkategorikan aksen di Australia, adalah memikirkan tentang aksen bukan dalam hal geografi, sebagaimana dalam hal kelas,” kata Dr Gawne.

Ada variasi aksen Australia yang berbeda. Dr Gawne menggambarkan satu variasi sebagai "aksen yang luas ... [yang] adalah aksen ocker Australia anda yang baik." Variasi lain adalah "aksen umum”, yang sebenarnya merupakan aksen mayoritas penutur bahasa Inggris Australia."

Gambar hidung, mulu dan dagu dari jarak dekat
Aksen Australia mudah dikenali tapi asal muasal dari aksen tersebut tidak diketahui dengan pastu.

Pixabay CC: Giulia Marotta 

Aksen menyesuaikan dengan lawan bicara

"Orang Australia adalah akomodator yang sangat hebat - tergantung dengan siapa yang mereka dengarkan. Jadi jika Anda berbicara dengan penutur aksen Inggris, aksen saya pasti berubah menjadi lebih Inggris," kata Profesor Hajeck.

Asal muasal aksen Australia

"Ini adalah misteri yang sudah berjalan lama, dari keragaman migran yang luar biasa yang kita alami di negara ini," kata Dr Gawne.

Aksen Australia versi kelompok etnis dan budaya

Ethnolect adalah versi aksen yang khusus untuk kelompok etnik atau budaya.

Lauren mengatakan bahwa ada penelitian tentang warga Lebanon dan Vietnam Australia, yang merupakan pembicara bahasa Inggris Australia generasi kedua atau ketiga.

Menonton film
Warga Australia menikmati film-film Amerika tapi ini tidak berarti aksen Bahasa Inggris Amerika berpengaruh pada aksen warga Australia. 

Unsplash CC: Jake Hills

Tidak terpengaruh media Amerika

Sejumlah besar orang Australia menikmati menonton film-film Amerika dan acara televisi, dan mendengarkan musik Amerika.

Namun, ini tidak berarti aksen Amerika telah mengubah atau mempengaruhi aksen Australia.

Bagi pelajar bahasa, Dr Gawne mengatakan bahwa ini menunjukkan bahwa Anda belajar keterampilan berbahasa dari "komunitas di mana Anda berbicara".

Alih-alih hanya mengandalkan media sebagai bentuk "rangsangan", penting untuk diketahui bahwa "percakapan dan interaksi" sangat penting untuk pembelajaran bahasa.

Ikuti pelajaran Bahasa Inggris untuk keperluan sehari-hari dengan bergabung dalam Learn English Facebook page.